SEJARAH PENDIDIKAN

Backup_of_30_31__op-dosen
Ditulis oleh :
Drs. H. Malchan, M.A.
Diambil dari “The New Book Of Knowledge E, 5”
P. 61-67
 
Pendidikan sudah ada sejak zaman dahulu. Sebelum ada sekolah, 
orang mengajarkan anak-anaknya apa yang mereka butuhkan untuk 
kelangsungan hidup. Pendidikan formal mulai mengajarkan membaca 
dan menulis. Kita bisa lebih mengerti pendidikan pada masa sekarang, 
jika kita mengetahui sesuatu tentang sejarah pendidikan.

Sekolah-sekolah Kuno

Di Mesopotamia dan di Egypt (Mesir) sudah ada sekolah sejak 4000 tahun yang lalu. Mereka mendirikan sekolah-sekolah untuk anak-anak mereka, di sekolah diajarkan membaca, menulis, bahasa, agama dan sejarah. Ini mungkin pendidikan formal pertama dalam sejarah manusia.

Di Egypt sudah ada lembaga pendidikan tinggi, mendidik pemuda-pemuda calon kyai/pendeta, pegawai pemerintah, arsitek atau dokter.hasil pekerjaan yang luar biasa para insinyur masih dapat dilihat pada masa sekarang.

Pendidikan di Masa Cina Kuno dan India

Sejak zaman Conficius 500 tahun SM sampai abad 20, pendidikan di Cina perubahannya hanya sedikit. Hamper semua desa dan kota ada sekolah dasar. Disamping sekolah dasar, juga memberikan kesempatan pelajar dapat memasuki perguruan tinggi, Universitas.

Di India sejak awal pendukungnya terpecah menjadi kelas. Kelas atas adalah Brahmana dan kelas bawah adalah kelas sampah masyarakat. Hanya kelas Brahmana yang memperoleh pendidikan yang sempurna, mereka mempelajari do’a sembahyang agama Hindu. 500 tahun SM, orang-orang Hindu telah mengembangkan system matematika yang tinggi. Mereka telah mempelajari astronomi dan obat-obatan.semua itu diajarkan di Parishad (Sekolah Kelas Brahmana).

Pendidikan di Greece Kuno / Athena

Pendidikan di Greece adalah permulaan peradaban Barat. Mereka percaya bahwa untuk mencari ilmu pengetahuan yang penting orang harus berani menjawab suatu masalah (problem solving).

Orang-orang Greece/Athena telah mempunyai pemerintahan demokratis, rakyat mempunyai suara di pemerintahan, rakyat bebas berpikir dan berpendapat. Pendidikan di Athena adalah menyiapkan peserta didik menjadi seorang yang bermutu disegala bidang, pendidikan olahraga, sport, latihan boxing, loncat jauh, loncat tinggi. Pemain-pemain yang baik dan bermutu dikirim ke pertandingan olimpiade.

Diantara guru-guru Athena yang terbesar adalah Socrates (469 – 399 SM). Ia tidak punya ruang kelas, ia selalu pergi ke lapangan olahraga, anak-anak berkumpul dan mengelilingi mereka. Socrates mengajukan pertanyaan, untuk mendorong anak-anak berpikir, diantara pertanyaannya : What is a good government?, What is difference between right and wrong?.

Pada abad ke-4 SM, filsuf Plato (427 – 347 SM) dan Aristoteles (384 – 322 SM) mendirikan sekolah formal bernama Photo’s Academy dan Aristotle’s Lycium.

Sekolah-Sekolah Roma Kuno

Orang Roma mengalahkan orang Greece dalam peperangan. Orang Greece mengalahkan orang Roma dalam lapangan pendidikan. Tawanan perang Greece yang berpendidikan mengajar anak-anak orang Roma. Mereka yang mengajar anak-anak orang Roma dibebaskan dari tawanan perang. Mereka membangun sekolah-sekolah tempat kelompok anak-anak diajar, anak-anak belajar membaca, menulis dan ilmu hitung, filosofi, grammar dan bahasa.

Ketika Roma berubah dari bentuk republik ke bentuk kerajaan, isi pendidikan di sekolah berubah. Latihan untuk kepemimpinan politik hamper tidak ada. Pemuda Roma bisa pergi ke Greece untuk menempuh pendidikan tinggi. Perpustakaan terbesar adalah di Alexandria, dikelola oleh orang-orang Greece. Di perpustakaan dilengkapi ruang dosen, laboratorium dan museum yang mempelajari filosofi, arsitektur, obat-obatan dan ilmu pengetahuan.

Sekolah-Sekolah Pada Awal Abad Tengah

Kebanyakan daerah Eropa dan tanah-tanah sekitar laut tengah dibawah kekuasaan kerajaan Roma, kesatuan bahasa, latin, dan kesatuan kode hokum. Ketika kerajaan Roma terpecah belah, kesatuan rusak, Roma tidak mampu membayar gaji guru, banyak sekolah tutup. Para pemimpin agama mengambil tugas menjalankan sekolah.

Ketika Roma sangat berkuasa, rakyat Roma bahkan kaum budak dapat membaca dan menulis. Tetapi pada awal abad tengah, setelah Roma jatuh, sedikit rakyat Roma yang mempunyai pendidikan formal, bahkan para raja tidak bisa membaca dan menulis.

Bagaimana Timur dan Barat Bertemu

Waktu gereja-gereja di Eropa Utara mengadakan pengajaran Kristen dan pembelajaran masa lampau. Nabi Muhammad Saw, lahir (671 M) di padang pasir Arab, Timur Tengah, ia mengajarkan agama Islam, menyembah satu Tuhan, Allah. Para pengikutnya keluar dari kota-kota padang pasir sebagai prajurit yang sabar dan berani, menguasai dunia. Dalam waktu yang singkat mereka menguasai Timur Tengah dan Afrika Utara.

Sebelum tahun 800 M pengikut Nabi Muhammad Saw, kaum muslimin menyeberang ke Spanyol, diantara kaum muslimin banyak orang terpelajar mempelajari matematika dari India, mempelajari ilmu pengetahuan dan filsafat dari Greece. Kaum muslimin memiliki ilmu pengetahuan, para rahib dan biarawan di Eropa Utara menyalin dan memelihara buku-buku yang disetujui oleh gereja.

Anak-anak muslim belajar di mushala, di masjid, belajar membaca, menulis, di sekolah bebas uang sekolah, anak-anak orang kaya belajar lanjut di tingkat tinggi.

Kaum muslimin terutama tertarik pada ilmu pengetahuan dan ilmu obat-obatan, disamping itu karena penggunaan ilmu pengetahuan membuat orang hidup lebih kaya dan lebih menyenangkan. Mereka membuat kertas, baja. Mereka mengajar orang Spanyol cara menanam tanaman, dan cara menggunakan hasil panen : padi, gula dan kapas. Mereka membangun teropong bintang (observatories) untuk mempelajari bintang-bintang. Para dokter ahli dan dokter bedah mereka terpandai dan terampil di dunia. Yang betul universitas-universitas pertama di Eropa barat adalah di Spanyol (Universitas Islam), di Cordova, Sevella, Taledo, dan Samelanca. Kebanyakan dari mereka memiliki perpustakan.

Yang berisi ratusan ribu judul buku, mereka mendatangkan buku-buku dan para sarjana dari semua agama dan semua Negara. Kebebasan inilah ilmu pengetahuan tumbuh berkembang di Spanyol, waktu itu ilmu pengetahuan menyusut di Eropa yang istirahat (While it Shrank in The Rest of Europe).

Universitas di Akhir Abad tengah

Perlahan-lahan orang Eropa utara menyadari, mengapa mereka kehilangan ilmu pengetahuan, banyak dari mereka pergi berhaji ke Jerussalem, mereka mengetahui Baghdad, yang lain mengunjungi Spanyol, mereka menemukan beberapa tulisan Greece, yang orang-orang Eropa barat telah melupakannya, mereka menyaksikan sekolah-sekolah yang besar di Baghdad, Alexandria dan Cordova. Orang-orang Eropa mulai menginginkan perpustakaan, sekolah-sekolah seperti yang telah mereka ketahui di Baghdad dan Cordova. Mereka menemukan ilmu pengetahuan yang berbahasa arab jauh lebih baik daripada milik mereka (ilmu mereka).

Di Paris Cathedral School (Sekolah Gereja Katolik) berkembang sampai menjadi Universitas, di kota-kota lain para mahasiswa dan para professor (Guru Besar) mendirikan Universitas tanpa bantuan gereja. Para professor di organisasi sebagai satu grup disebut Collegium. Para mahasiswa membuat organisasi bernama Guild. Collegiums dan Guild membuat aturan Universitas.

Kebanyakan materi yang dipelajari di Universitas adalah dari tulisan-tulisan Greece yang mereka peroleh dari Baghdad dan Cordova atau daerah-daerah yang dikunjungi. Tulisan-tulisan Aristotle merupakan naskah yang paling penting.

Renaissance / Hidup Kembali

Berikutnya dengan ditemukan mesin cetak, perubahan besar di pendidikan. Pada tahun 1455 Johann Gutenberg, seorang Jerman pertama menerbitkan cetakan Bible.

Dalam 50 tahun berikutnya mesin cetak dibangun di seluruh Eropa. Sebelum itu menyalin buku dengan tangan butuh waktu setengah tahun, mesin cetak dapat memproduksi ribuan buku.

Setelah ditemukan mesin cetak abad tengah berakhir, sejarah berikutnya disebut Renaissance yang berarti hidup kembali. Selama Renaissance banyak ditemukan ilmu pengetahuan, Greece yang telah dilupakan. Mereka juga menemukan ilmu pengetahuan yang belum diketahui sebelumnya, mereka menemukan beberapa instrumental seperti Teleskop dan Termometer yang dapat membantu untuk mempelajari alam semesta. Mereka mempelajari bahwa bumi berputar pada porosnya dan bumi juga berputar mengelilingi matahari. Dalam waktu singkat, Renaissance menandai (suatu tanda) permulaan ilmu pengetahuan sebagaimana yang kita ketahui masa kini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s