Pola Hidup Sehat Asset Kehidupan

Tuhan begitu sayang dengan umatnya, telah menciptakan penangkal penyakit dalam tubuh kita yang biasa kita sebut sistem pertahanan tubuh. Namun karena pola hidup yang kita jalani yang tidak sehat sehingga sistem pertahanan tubuh tersebut rusak.

Hidup sehat seyogyanya  menjadi kebutuhan. Akan percuma saja jikalau  punya uang banyak, punya makanan enak dan punya segalanya kalau badan sakit-sakitan. Tentu kita tidak akan mampu untuk menikmatinya. Bahkan agama juga mengajarkan kita untuk cinta keindahan dan kebersihan,  Hidup sehat dan menjaga agar tubuh tetap fit dan bugar adalah juga cermin dari rasa syukur kita atas kenikmatan yang telah diberikan Allah SWT untuk kita.

Beberapa penyakit dengan segudang akibat pola hidup yang tidak sehat, sudah terpampang jelas dihadapan kita, tidakkah membuat kita sadar betapa pentingnya aset sehat itu. Kanker, penyakit pencernaan, bahkan kematian seharusnya membuat kita berhati-hati dalam menjaga pola kesehatan., berikut beberapa pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari:

1. Makan dengan Menu Makanan yang Seimbang.

Makanan seimbang gabungan harusnya menghasilkan tenaga yang cukup, karbohidrat, protein, lemak, serat (fiber), bahan galian, asam lemak, dan vitamin. Contohnya makan yang nantinya dapat menimbulkan penyakit yaitu makan mengandung gula atau koleseterol tinggi, dan juga makanan yang mengandung zat-zat kimia.

2. Istirahat yang Cukup

Tubuh tidak boleh diforsir bekerja, tubuh butuh istirahat yang cukup. Jika istirahat kurang lama kelamaan tubuh akan kelelahan dan berbagai penyakit akan muncul. Waktu istirahat yang utama adalah tidur pada malam hari. Lama tidur untuk orang dewasa antara 6-8 jam. Pada jam-jam kita tidur terjadi tahapan detoksifikasi atau mengeluaran racun-racun dalam tubuh, jika tidur kita kurang maka proses itu tidak akan sempurna.

3. Olahraga Teratur

Dengan melakukan aktifitas olahraga kita dapat terhindar dari berbagai penyakit, menjaga berat badan, metabolisme menjadi lancar sehingga penyerapan nutrisi kedalam tubuh lebih sempurna yang  membuat kita lebih bertenaga dan semangat menjalankan aktifitas lain.

4. Perbanyak Makan Buah dan Sayuran

Sayur dan Buah mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Sehingga kesehatan dapat terjaga, dan membuat tubuh tidak mudah diserang penyakit.

5. Minum Air putih Sebanyak 2 liter dalam 1 hari

Air memiliki peranan penting dalam tubuh. Sekitar 60% dari berat adalah cairan (air). Dalam prosesnya cairan tersebut ada yang keluar melalui keringat dan urin, untuk menjaga volume cairan tubuh tetap normal maka kita harus minum yang cukup. Kekurangan cairan tubuh di sebut dehidrasi yang dapat menyebabkan gangguan kesadaran, pada tingkat lebih parah menyebabkan kehilangan kesadaran, koma bahkan bisa berakibat kematian. (blogspot.com/2012/10/pola-hidup-sehat-alami).

Semoga ke depan kita menyadari pentingnya pola hidup sehat dan bukan hanya sekedar teori dan kata tak berguna, namun penerapan dalam kehidupan adalah yang lebih utama. Ly

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s