Pitakon Religi Edisi 14

 

 

BAGAIMANA HUKUMNYA  MENGHADIRI UNDANGAN DARI TEMAN UNTUK MERAYAKAN MALAM NATAL DI RUMAHNYA?

Hukum  menghadiri undangan perayaan natal oleh teman di rumahnya dengan tujuan untuk memberi rasa gembira pada non muslim adalah boleh.Apabila mendatangi gereja dengan tujuan ikut ibadah dengan membenarkan keyakinan mereka hukumnya haram. Adapun dasar hukumnya ialah

{لَا يَنْهَاكُمُ اللَّهُ عَنِ الَّذِينَ لَمْ يُقَاتِلُوكُمْ فِي الدِّينِ وَلَمْ يُخْرِجُوكُم مِّن دِيَارِكُمْ أَن تَبَرُّوهُمْ وَتُقْسِطُوا إِلَيْهِمْ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُقْسِطِينَ }الممتحنة8.

Dikuatkan dengan dasar hukum bahwa Umar bin Khattab pernah mendatangi gereja serta membolehkan melakukan sholat di dalamnya.

Adapun yang melarang haram dengan dasar hukum firman Allah:

( أم لهم شركاء شرعوا لهم من الدين ما لم يأذن به الله ) 1.

 2.ثم جعلناك على شريعة من الأمر فاتبعها ولا تتبع أهواء الذين لا يعلمون . إنهم لن يغنوا عنك من الله شيئاً وإن الظالمين بعضهم أولياء بعض والله ولي المتقين 

 ( اتبعوا ما أنزل إليكم من ربكم ولا تتبعوا من دونه أولياء قليلاً ما تذكرون ) .3.

قال تعالى : ( لا تتخذوا اليهود و النصارى أولياء … ) الآية ، وقال تعالى : ( يا أيها الذين آمنوا لا تتخذوا عدوي وعدوكم أولياء تلقون إليهم بالمودة وقد كفروا بما جاءكم من الحق … ) الآية .

BAGAIMAN HUKUMNYA MENYEMIR RAMBUT WARNA HITAM?

Dalam rangka mengusahakan pembentukan dan pembinaan identitas Islam dan kepibadian muslim, maka pada tahap awal setelah Nabi hijrah di Madinah, Nabi membentuk masyarakat Islam dengan tradisi yang khas. Diantaranya menyuruh para sahabat :

Menyemir / mengecatr rambut kepala dan dagunya (janggut) jika telah beruban dengan sabdanya:

إن اليهود والنصارىغشاعيه شى لا يسغون فخالفوهم (الحد يث)

Sesungguhnya orang Yahudi dan Nasrani tidak mngecat rambutnya. Maka berbedalah kamu dengan mereka (dengan menyemir rambutnya) (Hadis riwayat Bukhari,Muslim,Abu Dawud,al-Syafi’i-Nasai dan ibnu Majah dari Abu Huraiah.)

Memelihara janggut dan mencukur kumis dengan sabdanya

قصوا الشوارب و انوا اللحى (الحديث)

:Cukurlah kumismu dan peliharalah janggutmu. (hadis riwayat ahmad bin Hanbal dari Abu Hurairah.)

 Menurut Abu Zahra, berdasarkan hadis di atas perintah mencukur rambut dan menyemir rambut dan janggut adalah sunnah , adapun ulama lain ada yang berpendapat bahwa hal tersebut sebagai tradisi bangsa Arab dengan alas an bahwa perintah Nabi tersebut bukan perintah wajib dan perintah itu disertai illatnya (motif hukumnya) yaitu agar tidak serupa dengan Yahudi dan Kristen, dan bangsa non Arab.

Adapun _okum menyemir rambut kepala dan hanggut ulama ada yang berpendapat sunnah atau mustahab beradasarkan hadis Nai di atas, mereka menemukan faedah menyemir tersebut untuk membersihkan dan memperindah rambut.

Adapun _okum menyemir rambut kepala atau janggut saat beruban dengan warna hitam, ada yang membolehka,ada yang menganggap makruh bahkan ada pula yang mngharamkan dengan alas an ayahanda Abu Bakar bernama Abu Quhafah yang rambut kepala dan janggutnya sudah sanat putih warnanya, lalu  Nabi memerintahkan:

غيروهما وجنبوه السواد (الحد يث)

“Ubahlah (smirlah) rambutnya, dan jauhilah warna hitam!

Menurut Mahmud Syaltut, Islam tidak engharuskan dan tidak pula melarang untuk menyemir rambutnya, demikian pula Islam tidak menentukan atau menyarankan warna semirnya, Islam member kebebasan kepada umatnya mengenai masalah ini, terserah kepada masing-masing yang sesuai dengan usia, selera, motif dan situasi kondisi yang dihadapi oleh masing-masing.

APAKAH SEORANG WANITA BOLEH MENIKAH LAGI JIKA DI TINGGAL SUAMI MERANTAU SELAMA 3X PUASA DAN 3X LEBARAN TANPA ADA KABAR SAMA SEKALI?

  1. Hukum istri ditinggal pergi kerja selama 3 kali puasa adalah istri tersebut berhak gugat cerai atau memiliki hak fasakh (rusaknya suatu pernikahan karena alas an tidak memeri nafkah). Setelah ada kepastian sebagai wanita yang bukan berstatus istri seorang lelaki, maka wanita tersebut boleh menikah lagi.

Dasar kewajiban memberi nafkah pada istri adalah firman Allah al-Baqoroh : 233

و على المولود له رزقهن و كسوتهن بالمعروف

Apabila suami tidak mampu memberi nafkah pada istri sementara istri bersabar menerimanya maka suami berhutang pada istri selama dia tidak member nafkah, apabila tidak segera membayar maka istri berhak untuk fasakh berdasarkan surat al-Baqoroh ayat 229

فامساك بمعرةوف او تريح باحسان

Dan berdasarkan hadis dari Baihaqi dengan sanad yang sahih bahwa sesunguhnya Sa’id bin Musayyab ditanya tentang seorang suami yang tidak bisa memberi nafkah pada istrinya maka dia berkata pisahkan saja mereka berdua, kemudian dia ditanya apakah hal itu sunnah, dia menjawab ia itu sunnah Nabi. Menurut Abu Hanifah seorang istri berhak dikenai fasakh hanya karena buntunya kemaluan dengan tulang dan daging, maka apalagi suami tidak bisa member nafkah, karena nafkah lebih utama.

BAGAIMAN CASRA MENGQODLO SHALAT DI WAKTU ASHAR DAN SHUBUH, KARENA SESUDAH WAKTU ITU DI HARAMKAN.

Mengqodlo sholat wajib pada waktu terlarang tidak apa-apa artinya tetap boleh dilakukan berdasarkan hadis Nabi

من نسى عن صلاة فليصل اذا ذكرها

Berdasarkan umumnya lafadl pada hadis diatas yang tidak membatasi waktu maka mengqodlo solat kapanpun boleh. Adapun larangan sholat pada 5 waktu salah satunya waktu Asar dan Subuh adalah untuk sholat yang terdapat alasan seperti mencari pahala, adapun sholat karena adanya sebab seperti karena masuk masjid berarti sholat Tahyatal Masjid, karena ada kematian berarti sholat jenasah hukumnya boleh.

APA HUKUMNYA ORANG MARAH? DAN APKAH ADA HADIST YANG MENERANGKAN MELARANG DAN MEMBOLEHKAN MARAH?

Masalah marah adalah larangan agama yang telah dituntunkan oleh rasulullah SAW, tidak ada alas an apapun untuk membolehkan orang marah.berdasarkan hadis

حدثنا عبد الله بن يوسف أخبرنا مالك عن ابن شهاب عن سعيد بن المسيب عن أبي هريرة رضي الله عنه  : أن رسول الله صلى الله عليه و سلم قال ( ليس الشديد بالصرعة إنما الشديد الذي يملك نفسه عند الغضب ) ( أخرجه مسلم في البر والصلة والآداب)

Artinya “Sesungguhnya yang dikatakan orang kuat atau jagoan adalah mereka yang bisa menguasai dirinya pada saat mau  marah”

حدثني يحيى بن يوسف أخبرنا أبو بكر هو ابن عياش عن أبي حصين عن أبي صالح عن أبي هريرة رضي الله عنه : أن رجلا قال للنبي صلى الله عليه و سلم أوصني قال ( لا تغضب ) . فردد مرارا قال ( لا تغضب )

Artinya : ada seorang lelaki bilang pada Rasulullah SAW, berilah saya nasehat wahai Rasulullah, Rasul bersabda jangan marah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s