Musik Jatim Dimata Nasional

opini mahasiswa

Oleh : Anharyo Bismoko

Barometer meter music Indonesia sebesar 80% ialah dari Jatim. Dan yang paling berpengaruh dari Surabaya, seharusnya yang muncul di TV merupakan keturunan Jatim, tapi entah kenapa kok cenderung orang Ibukota. Skill Jatim itu ok banget dan di atas rata-rata. Kita sebagai orang Jatim dimana-mana kalau soal musik paling disegani dan banyak pemain musik yang hebat-hebat.

Ada dua kelemahan yang paling sulit ditutupi, yaitu pertama typical orang Jatim itu cenderung selalu ingin tampil individual soal skiill yang dimiliki dan itu sudah banyak faktanya, dan yang kedua cenderung aliran yang monoton kerap berbenturan dengan aliran yang lain.

Jatim itu selalu update soal experimen bermusik, pada dasarnya kebanyakan mereka dari kalangan expert genius. Kalau semisal saya membuat perbandingan yakni 1:7 dengan kawasan luar Jatim. Music itu bebas tidak ribet, simple sebenarnya. Menurut saya orang Jatim harus kompak seperti kawasan Ibukota, Ibukota itu soal skill jauh sekali di bawah Jatim. Saya ambil satu musisi hebat, salah satunya adalah Hatta finalis the Dream Band dari band Silver. Dia merupakan Best Drumer Nasional dari Lamongan, namanya memang jarang orang yang tahu.

Orang pelayaran PELNI saja mengakui bahwa Jatim itu benar-benar musik mahal, itu artinya paling mahal di antara kawasan lain di tanah air. Peran kita sebenarnya mudah dengan memberi motivasi bahwa musik Jatim itu paling mahal, jadikan inspirasi buat kita yang minder hanya karena kalah tenar di dunia entertainment, hidupkan Jatim yangg selama ini hanya puas dengan label indie, start up, ataupun lainnya.

Kita sebenarnya sangat mampu untuk berkompetisi di level nasional, seperti Ahmad Dani dan Padi dari Surabaya, Andra pemain gitar Joss juga dari Surabaya. Banyak upaya yang bisa dilakukan seperti  event internal, seperti event Unisla yang  pada saat ini yg paling menarik perhatian kan soal musik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s