KEMAUAN & NIAT, JADIKAN USAHA MELESAT

Seperti sebuah pepatah, there is a will there is a way, dimana ada kemauan disitu ada jalan. Itulah yang mendasari Imam Fahruzi –pemilik usaha makanan cepat saji Kebab Assyabab– dalam memulai usahanya. Berbekal keterampilannya meracik makanan cepat saji yang ia peroleh dari pekerjaan sebelumnya, ia mendirikan usahanya sendiri, memulainya dari nol. Motivasi utamanya hanya satu, “saya ingin mengembangkan diri menjadi lebih maju,” ujarnya. Sebelum memulai usaha, kita harus siap secara moril dan materiil.

Menurut pria kelahiran 29 tahun silam ini, yang paling penting adalah menyiapkan mental kita. Kita harus punya niat dan kemauan yang keras, serta siap menerima hal buruk atau bahkan kegagalan, kita harus bisa bangkit kembali. Selain itu, kita juga harus siap dalam segi materiil, atau modal. Seperti contoh usaha Kebab ini, modal awalnya cukup Rp15 juta, itu sudah termasuk gerobak, bahan dan peralatan, serta sewa tempat awal.

Usaha tidak harus dimulai dari skala besar. Dengan modal minim, kita sudah bisa mendirikan sebuah usaha asalkan dibarengi dengan tekad yang kuat. Kita bisa memulainya dengan gerobak atau kaki lima dan menyewa sebuah tempat. “Kalau memulai usaha seperti ini, yang menjadi kendala adalah dalam mencari lokasi dan cuaca yang tidak menentu. Karena kalau musim hujan, omzetnya bisa menurun,” tutur pria yang sudah tiga tahun menjalankan usahanya ini. Untuk bahan-bahan pembuatan produknya, Fahruzi masih menyuplainya dari produsen di Surabaya. Usaha ini juga cukup menguntungkan, “rata-rata omzet per-harinya 50-60 produk yang terjual,” imbuhnya. (if)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s