GELAR PELATIHAN NASIONAL KELAUTAN & PERIKANAN

Pembukaan oleh menteri

Gelar Pelatihan Nasional Kelautan & Perikanan Tahun 2012 merupakan salah satu bentuk peran aktif Kementerian Kelautan & Perikanan dalam mendukung Rencana Aksi Nasional Penciptaan lapangan Kerja dan Peningkatan Kapasitas Angkatan Kerja utamanya dalam upaya peningkatan ketrampilan dan kapasitas angkatan kerja serta penciptaan lapangan kerja melalui pengembangan Usaha Mikro Kecil dan menengah (UMKM) serta kewirausahaan.

Acara Gelar Pelatihan Nasional  Kelautan & Perikanan berlangsung selama dua hari dari tanggal 6 – 7 November 2012  ini baru pertama kali dilaksanakan oleh Kementerian Kelautan & Perikanan. Acara yang bertempat di Gedung Panti Prajurit Balai Sudirman, Jl. DR. Saharjo 268 Jakarta Selatan ini dibuka langsung oleh Menteri Kelautan & Perikanan Bapak Syarif C Sutardjo dengan pemotongan bunga pada jam 10.14 WIB. Melalui event ini, diharapkan masyarakat luas dapat memperoleh gambaran dan informasi mengenai berbagai kegiatan dibidang kelautan dan perikanan, yang mana nantinya dapat dijadikan sebagai sumber mata pencaharian bagi peningkatan kesejahteraan hidup masyarakat. Kita juga bisa mengikuti pelatihan singkat/unjuk kerja bidang kelautan dan perikanan yang meliputi pengolahan produk perikanan dan rumput laut, rekayasa pengolahan pengolahan produk kelautan/bioteknologi, pembebihan/budidaya ikan konsumsi/non konsumsi, pembuatan pakan ikan dan pakan alami, teknologi penanganan/ pengobatan hama penyakit ikan termasuk vaksin ikan, rekayasa permesinan perikanan, kerajinan kerang, membatik dengan mangrove, wisata bahari serta informasi detail yang dibutuhkan dalam rangka memfasilitasi keinginan menjadi seorang wirausaha baru.

Dalam rangkaian kegiatan ini ada 30 jenis pelatihan yang dapat dipilih oleh masyarakat luas sesuai dengan minatnya.  Kapasitas peserta yang dapat dilatih selama dua hari acara digelar  yaitu sebanyak 4.000 orang. Pameran produk diikuti 50 P2MKP dengan menampilkan 100 jenis produk, sedangkan Temu Bisnis dapat menjadi ajang tukar pengalaman antara masyarakat dengan para pelaku usaha sukses. Dari Universitas Islam Lamongan yang menghadiri pelatihan ini ada 2 mahasiswa dari Fakultas Perikanan kampus Masda Paciran, yaitu Madiono dan Hendrik Eko Setyawan.

Tujuan kegiatan Gelar Pelatihan Nasional yang bertemakan “Sinergi Pelatihan Nasional untuk Penciptaan Wirausaha Baru Kelautan dan Perikanan” ini adalah :

  1. Sebagai ajang unjuk kerja pelatihan kelautan dan perikanan
  2. Sebagai ajang unjuk produk hasil pelatihan kelautan dan perikanan
  3. Sebagai ajang pengembangan wirausaha dibidang kelautan dan perikanan
  4. Sebagai wadah penyebaran informasi pelatihan dibidang kelautan perikanan
  5. Mensinergikan pengembangan SDM dengan stakeholder terkait
  6. Sebagai ajang tukar pengalaman antara pelaku utama dengan masyarakat luas
  7. Sebagai forum komunikasi dan koordinasi pelatihan tingkat nasional

Pada Tahun 2013, Pemerintah memproyeksikan jumlah angkatan kerja akan bertambah sebanyak 2,04 juta orang, sehingga menjadi 121,43 juta orang. Kesempatan kerja bertambah  2,93 juta orang sehingga menjadi 115,30 juta orang. Tambahan jumlah angkatan kerja harus dikendalikan baik dari sisi jumlah maupun kualitas agar tidak berpotensi menjadi penganggur. Dalam sambutan Menteri Kelautan dan Perikanan, Bapak Sharif Cicip Sutardjo, mengatakan bahwa di sektor perikanan perlu mengadopsi Ekonomi Biru untuk mendukung pembangunan industrialisasi kelautan dan perikanan secara berkelanjutan yang optimis dapat berkontribusi pada menyerap tenaga kerja untuk mengurangi pengangguran karena bertambahnya kesempatan kerja disektor perikanan di tahun-tahun mendatang.

Untuk dapat menjawab proyeksi tersebut, diperlukan kerja keras dan kemitraan dari seluruh instansi pemerintah, baik pusat maupun daerah serta swasta. Adanya kemitraan pemerintah dengan kalangan industri dan dunia usaha lainnya dapat mendukung peningkatan ketrampilan kerja dari para tenaga kerja, sehingga membentuk keunggulan  sumber daya manusia di Indonesia. Kemitraan yang selama ini terjalin anatara KKP dan kalangan dunia industri dan usaha diantaranya dalam bentuk dukungan penyediaan bahan (material), pelatihan dan penyediaan tenaga pelatih serta peningkatan sarana prasarana dan perlatan yang digunakan untuk pelatihan. Sebagaimana kita ketahui, bahwa motivasi masyarakat untuk menciptakan lapangan kerja sebagai wirausaha atau berusaha secara mandiri masih kurang. Masyarakat lebih cenderung bersifat pasif dan juga cenderung untuk mencari pekerjaan atau bekerja pada orang lain.

Suatu kajian menunjukkan adanya kolerasi positif antara tingkat kemajuan suatu Negara dengan jumlah wirausaha. Semakin majunya sebuah Negara maka semakin banyak wirausahanya. Saat ini, di negara-negara maju lebih dari 20% masyarakatnya cenderung bekerja sebagai wirausaha. Sementara, satu data lain menyebutkan bahwa di Negara Indonesia jumlah wirausahanya masih kurang dari 1%. Melihat keadaan tersebut, maka diperlukan suatu komitmen bersama yang harus diimplementasikan dalam bentuk usaha yang sungguh-sungguh, yang mencakup seluruh komponen masyarakat untuk mengatasi pengangguran secara terencana, terkoordinasi, terpadu dan berkesinambungan. Yang selanjutnya memprakarsai program pengembangan kewirausahaan dengan mendayagunakan sumber daya atau potensi yang ada, serta mendukung keberhasilan usaha dalam menciptakan lapangan pekerjaan baru melalui program-program pelatihan, workshop yang bisa memberikan keterampilan bagi tenaga kerja untuk meningkatkan  kompetensinya.

Kegiatan Gelar Pelatihan Nasional ini ditutup oleh Kepala Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan Perikanan (P2MKP) Bapak Balok Budiyanto  pada pukul 18.56 WIB. Sebelum penutupan ada penyerahan P2MKP Award dengan Kategori Kinerja Terbaik dan Kategori Inovasi Terbaik. (Mad)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s