Wanita-Wanita Yang Mengubah Dunia : Kumpulan Kisah Penuh Inspirasi dari Wanita-Wanita Pengukir Sejarah

Oleh Rosalind Horton, Sally Simmons

sdfzf

 

Berat             :    0.83 kg

Tahun           :    2009

Halaman       :    232

Ukuran         :    19 x 27 cm

ISBN            :    978-979-033-521-9

Penerbit        :    Erlangga

Penerjemah   :    Haris Munandar, MA

Pengaruh perempuan sepanjang perjalanan sejarah tidak bisa dipandang sebelah mata. Asumsi bahwa kaum hawa adalah warga kelas dua telah lama pudar dan tidak relevan dalam meraih pencapaian yang luar biasa. Kiprah perempuan mendapatkan pengakuan dunia dalam berbagai bidang, mulai dari bidang politik, kesusasteraan, seni, ilmu pengetahuan, musik, reformasi sosial, hiburan, petualangan, lingkungan, dan olahraga.

Tentunya, banyak alasan yang mendasari kiprah dan perjuangan kaum wanita di dunia. Hal ini tidak bisa dipisahkan dari konteks sejarah yang memegang peranan penting. Isu-isu yang menjadi arus utama dalam pergolakan saat itu, tentunya menjadi faktor pemicu (triggerring factors) untuk menghasilkan sebuah gebrakan dan karya. Misalnya, sebelum perang dunia, konteks sejarah yang mendominasi adalah perebutan kekuasaan dan politik, yang ditandai dengan keputusan perang. Selain itu, saat itu perbudakan dan ketidaksetaraan gender juga masih berlangsung selama berabad-abad.

Sebagai perayaan atas pencapaian kaum perempuan, buku ini memberikan penghormatan kepada lebih dari 50 wanita luar biasa yang telah memberikan pengaruh abadi bagi kehidupan kita. Dari penguasa dan pejuang hingga atlet dan penemu, dari penulis dan seniman hingga pahlawan dan tokoh revolusi, buku ini merupakan catatan menyentuh tentang perjuangan, tragedi, dedikasi, dan kejayaan.

Mengikuti alur sejarah, dari Cleopatra hingga ke Madonna dan Diana, Putri Wales, setiap kisah diceritakan dengan latar belakang masa ketika mereka hidup dan berkarya. Dari setiap tokoh, kita belajar tentang pencapaian, latar belakang, karakter, dan detail-detail lainnya yang menjadikan mereka luar biasa.

Buku ini memuat kisah hidup Cleopatra, Boudicca, Joan of Arc, Elizabeth I, Catherine yang Agung, Mary Wollstonecraft, Jane Austen, Ratu Victoria, Florence Nightingale, Emmeline Pankhurst, Marie Curie, Virginia Woolf, Simone De Beauvoir, Bunda Teresa, Rosa Parks, Eva Peron, Margaret Thatcher, Anne Frank, Mary Quant, Germaine Greer, Madonna, dan Diana, Putri Wales.

Dari Indonesia, kita akan melihat kisah Tjut Nja’ Dien sebagai pejuang wanita tanpa pamrih, Kartini sebagai pencetus emansipasi wanita, Megawati sebagai presiden wanita pertama di Indonesia, hingga Titiek Puspa sang seniman sepanjang masa.

Tentang Penulis

Rosalind Horton dan Sally Simmons memiliki pengalaman lebih dari dua puluh tahun menulis buku-buku akademik, pendidikan, dan referensi. Mereka juga merupakan penulis buku laris Speeches that Changed the World. Keduanya tinggal di Cambridge.

Mengenal Tokoh Wanita

Melalui buku Wanita-Wanita yang Mengubah Dunia, kita dapat mengenal tokoh-tokoh yang memberikan kontribusi signifikan dalam berbagai bidang. Misalnya, pada bidang politik dan pemerintahan, tokoh yang terkenal antara lain Cleopatra, Boudicca, Hildegard dari Bingen, Eleanor dari Aquitaine, Catherine de Medici, Elizabeth I, Catherine yang Agung, Eleanor Roosevelt, Megawati Sukarnoputri, Benazir Bhutto, Jiang Qing, Rosa Luxemburg, Ratu Victoria, dan Emmeline Pankhurst. Selain itu, ada pula tokoh yang memiliki pengaruh terhadap perkembangan keyakinan iman Kristen seperti Joan d’Arc dan Maria Magdalena.

VIRGINIA WOOLF

Setelah Perang Dunia Pertama, hambatan tradisional terhadap perempuan berangsur-angsur mulai pudar. Fokus perjuangan kaum perempuan tidak lagi pada persoalan gender dan perbudakan, namun telah bergeser kepada isu-isu yang universal, misalnya perjuangan rasisme, ketimpangan kelas, ketidakberdayaan, seni, ilmu pengetahuan, pembangunan yang berkelanjutan bagi lingkungan. Dengan demikian, feminisme perlahan-lahan mengambil tempat dan memerangi diskriminasi yang menghambat gagasan dan kiprah kaum wanita.

ELEANOR ROOSEVELT

Sementara itu, tokoh wanita yang terjun sebagai aktivis, antara lain Eleanor Roosevelt, Rosa Parks, Mairead Corrigan dan Betty Williams, Emily Murphy, serta Susan B. Anthony. Eleanor Roosevelt merupakan seorang aktivis HAM dunia, Parks adalah simbol gerakan hak-hak sipil di Amerika Serikat, Mairead Corrigan dan Betty Williams merupakan perjuang perdamaian.

Selain itu, tokoh wanita yang terkenal dalam bidang petualangan, yaitu Amelia Earhart dan Ellen MacArthur. Earhart merupakan perempuan pertama yang melakukan penerbangan solo di atas Atlantik dan MacArthur menjadi pemegang rekor dunia pelayaran solo keliling dunia.

Dalam bidang science, tokoh yang terkenal antara lain Dorothy Hodgkin dan Marie Curie. Dorothy Hodgkin merupakan peraih hadiah nobel dan berhasil memproduksi massal antibiotik, perintis kristalografi, pendukung perlucutan senjata serta ahli hubungan internasional. Sementara itu, Marie Curie juga pemenang hadiah nobel karena menemukan radium dan pencipta aplikasi teknologi sinar X. Tambahan lagi, pada bidang bisnis dan science, Helena Rubinstein merupakan ahli kosmetik dunia sekaligus pendiri kerajaaan kosmetik di dunia.

RATU VICTORIA

Dalam bidang kesusateraan dan jurnalisme, tokoh wanita yang terkenal antara lain Virginia Woolf, Jane Austen, Germaine Greer, Harriet Beecher Stowe. Virginia Woolf merupakan salah satu novelis modern terpenting, Jane Austen merupakan penulis novel abadi tentang kehidupan dan tata krama pedesaan Inggris, Germaine Greer adalah penulis, penyiar dan akademisi. Sementara itu, Harriet Beecher Stowe adalah jurnalis, novelis dan tokoh anti perbudakan. Novelnya berjudul Uncle Tom’s Cabin memicu ketegangan yaitu perang saudara di Amerika Serikat yang membuka jalan bagi penghapusan perbudakan.

Selain itu, ada pula Florence Nightingale, tokoh perawat dan pembaharu sistem sanitasi di rumah sakit. Ia berhasil mengubah citra buruk perawat pada masa perang dunia menjadi lebih baik dan berdedikasi. Selain itu, ada pula Diana (Putri Wales) sebagai patron kegiatan amal dan Bunda Teresa yang menjadi misionaris bagi kaum papa dan melarat di dunia, serta Helen Keller yang merupakan tokoh internasional bagi kaum tuna netra dan tuna rungu.

BENAZIR BHUTTO

Di bidang pergerakan wanita, ada pula Raden Ajeng Kartini, Betty Friedan dan Mary Wollstonecraft. Raden Ajeng Kartini mempunyai kiprah signifikan dalam menghapus diskriminasi gender bagi kaum wanita Indonesia, Betty Friedan melalui The Feminine Mystique berhasil mengguncang dunia dan mengarahkan pemikiran feminis. Sementara itu, Mary Wollstonecraft merintis pemikiran politik feminis dan berani menolak berbagai macam batasan dan nilai-nilai yang diterapkan bagi kaum perempuan. Selain itu, ada pula tokoh wanita yang menjadi pahlawan nasional seperti Tjut Nja’ Dien di Indonesia dan Eva Peron pahlawan perempuan bagi rakyat Agentina.

Dalam bidang seni, terdapat beberapa tokoh wanita antara lain Titiek Puspa yang seniman Indonesia, Mary Casatt sebagai pelukis, Billy Holiday penyanyi jazz, Coco Chanel dan Mary Quant sebagai desainer hebat, Madonna yang menjadi ikon budaya pop dan mode. Selain itu, ada pula Oprah Winfrey yang berprofesi sebagai presenter televisi, aktris, sekaligus produser yang terkenal di Amerika Serikat dan di dunia. Sementara itu, atlit wanita yang berkiprah antara lain Susi Susanti dan Billie Jean King.

 DOROTHY CROOWFORT

Sebagai perayaan atas pencapaian kaum perempuan, buku Wanita-wanita yang Mengubah Dunia memberikan penghormatan kepada lebih dari 50 wanita luar biasa yang telah memberikan pengaruh abadi bagi kehidupan kita. Dari penguasa dan pejuang hingga atlet dan penemu, dari penulis dan seniman hingga pahlawan dan tokoh revolusi; buku ini merupakan catatan menyentuh tentang perjuangan, tragedi, dedikasi, dan kejayaan mereka.

Mengikuti alur sejarah, dari Cleopatra hingga ke Madonna dan Diana, Putri Wales, setiap kisah diceritakan dengan latar belakang masa ketika mereka hidup dan berkarya. Dari setiap tokoh, kita belajar tentang pencapaian, latar belakang, karakter, dan detail-detail lainnya yang menjadikan mereka luar biasa.

Buku ini pun memuat kisah hidup Cleopatra, Boudicca, Joan d’Arc, Elizabeth I, Catherine yang Agung, Mary Wollstonecraft, Jane Austen, Ratu Victoria, Florence Nightingale, Emmeline Pankhurst, Marie Curie, Virginia Woolf, Simone De Beauvoir, Bunda Teresa, Rosa Parks, Eva Peron, Margaret Thatcher, Anne Frank, Mary Quant, Germaine Greer, Madonna, dan Diana, Putri  Wales.

Dari Indonesia, kita akan melihat kisah Tjut Nja’ Dien sebagai pejuang wanita tanpa pamrih, Kartini sebagai pencetus emansipasi wanita, Megawati sebagai presiden wanita pertama di Indonesia, hingga Titiek Puspa sang seniman sepanjang masa.

Kendala

Memang, wanita-wanita yang luar biasa dalam berbagai bidang kehidupan tidak luput dari hambatan-hambatan dalam mewujudkan kiprahnya. Pada zaman tertentu, banyak orang yang memandang sebelah mata ide dan gagasan-gagasan yang dibawa oleh kaum wanita. Selain itu, wanita-wanita yang luar biasa juga kerap mendapat  intimidasi, risiko kesehatan, jebakan, bahkan ancaman pembunuhan yang tidak menghendaki kelangsungan kiprah itu sendiri. Namun demikian, hal ini tidak menyurutkan semangat dan tekad untuk menjadikan yang terbaik di bidangnya. Sampai saat ini, wanita-wanita yang luar biasa terus berkarya dan menjadi pengukir sejarah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s