Siapkan Kader yang Handal, UKM Pramuka Langsungkan MUSDEGA

Graphic1

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka nampaknya sangat serius dalam mempersiapkan kader-kader mudanya. Hal ini nampak dalam kegiatan MUSDEGA yang baru saja mereka langsungkan (30/3). Adapun MUSDEGA ( Musyawarah Pandega, Red) sendiri, adalah agenda rutin UKM Pramuka yang dilangsungkan sekali tiap tahun untuk mencetak kader-kader baru. Dimana kader-kader baru tersebut nantinya akan melanjutkan tugas-tugas dalam memajukan Kepramukaan di UNISLA khususnya.

Diikuti sejumlah 50 orang peserta dan 20 panitia, peserta MUSDEGA ini adalah gabungan antara mahasiswa Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan beberapa fakultas lain di UNISLA. “Karena memang untuk FKIP sendiri, terhitung dari tahun kemarin sudah diwajibkan untuk ikut Pramuka, jadi peserta terbanyak ya dari FKIP,” ujar Jannah, ketua panitia.

Acara yang bertema “ Menciptakan Kader Bangsa yang Berjiwa Ikhlas Bakti Bina Bangsa Berbudi Bawa Laksana” ini dibuka oleh kak Hariyanto selaku perwakilan dosen. Di hari pertama, acara diawali dengan pembahasan dan sidang-sidang, kemudian dilanjutkan dengan pemilihan Racana Putra dan Putri. Dimana terpilihnya kak Zuhriyatus Sholihah mahasiswa semester 4 FKIP sebagai Racana Putri dan kak Syaifuddin sebagai Racana Putra adalah hasil yang diperoleh saat itu.

Senam pagi menjadi pembuka aktifitas acara pada hari ke-2. Pemberian materi oleh Kwarcab Pramuka Lamongan menjadi agenda selanjutnya dari acara yang berlangsung selama 2 hari tersebut. Para peserta juga diajak outbound atau pengenalan lapangan yang rutenya meliputi hutan kota dan sekitar alun-alun Lamongan. Di rute ini terdapat 4 pos, dimana pada pos pertama peserta diminta membuat konsep pelatihan di ranah MTs/SMP. Lain lagi di pos kedua yang ditempatkan di sebelah alun-alun kota. Disana, para peserta diberikan tugas membuat proposal kegiatan, Porseni, Persami dan lomba-lomba lain, Sedangkan pada pos yang ketiga, peserta diberi permainan atau game lapangan. Pos terakhir atau ke-4 para peserta menyerahkan hasil tugas mereka.

Sebagai ketua pelakasana MUSDEGA Pramuka tahun ini, Jannah mengundang teman-teman mahasiswa agar ikut bergabung di UKM Pramuka. Harapnya,“Semoga UKM ini dapat berjalan dengan baik, meskipun baru 2 tahun berdiri. Dan saya harap semua mahasiswa UNISLA nantinya dapat aktif mengikuti kegiatan kami setiap minggunya. Bagi para kader-kader UKM Pramuka yang baru, jadikan UKM kita lebih maju. Meskipun semuanya butuh proses, tetap semangat dalam berjuang,” tandasnya diakhir wawancara dengan tim Greezma. (iy/dd/if/Frz)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s