MUDAHNYA BERBISNIS…

Zaman sekarang ini semuanya serba terbalik. Apa yang kita pelajari di sekolah maupun perguruan tinggi tidak selamanya kita terapkan menjadi pekerjaan kita di masa mendatang. Orang yang sekolah tidak selalu sukses, dan orang yang tidak sekolah bukan berarti tidak bisa sukses. Semua itu bergantung dari orang yang menjalaninya, karena hal yang paling penting dimiliki oleh manusia sebenarnya adalah semangat dan harapan. Tanpa itu, kita hanya akan menjadi kerbau yang dicocok hidungnya, ikut kesana kemari, dibodohi oleh orang-orang yang bisa membodohi, sekalipun orang itu pintar secara akademik.

Lapangan pekerjaan yang tidak seimbang dengan pertumbuhan penduduk di Indonesia melahirkan pengangguran-pengangguran dari berbagai kelas. Padahal jika kita mempunyai semangat dan harapan untuk berusaha, sangat banyak sekali peluang yang dapat kira raih.

Kalau kita melihat Bill Gates atau Mark Zuckenberg (Pembuat Facebook), pasti kita tergiur dengan kekayaan mereka yang luar biasa. Tapi sadarkah kita, bahwa mereka juga memulai semuanya dari usaha kecil mereka. Dan tak satu pun dari mereka yang menduga bakal mencetak keberhasilan seperti sekarang.

Sebelum menciptakan sebuah bisnis yang besar, kita harus memulainya dari langkah kecil. Berikut 10 aturan untuk memulai usaha kecil :

Lebih realistis.

Saat membuat model bisnis, coba lihat ke sekeliling dan cari contoh sukses dari model bisnis yang kita kehendaki, lalu pelajari.

Jangan menginvestasikan uang sendiri.

Karena kebanyakan bisnis adalah perjalanan yang berisiko, carilah partner. Jadi, jika semuanya tidak berjalan sesuai rencana, kita tidak bakal bangkrut karena dana start-up tadi, dan tidak dikejar utang.

Perbudak diri sendiri.

Jika kita tidak bersedia bekerja keras, lembur, melupakan keuntungan pribadi dan kesehatan, maka wirausaha bukan untuk kita. Pada awalnya, kita pasti tidak akan mampu membayar karyawan, sekalipun karyawan yang murah. Jadi, karyawan kita, adalah diri kita sendiri.

Hargai waktu.

Beri nilai uang pada waktu kita, misalnya Rp20 ribu perjam. Ini akan membantu saat kita harus mengambil keputusan: Bila sebuah toko mengenakan biaya Rp10 ribu untuk pengiriman setiap minggu, dan kita membutuhkan waktu 2 jam untuk pergi ke toko tersebut sendiri, maka bayar terus ongkos kirim dari perusahaan tersebut, karena lebih murah.

Rekrut karyawan dengan baik.

Tanpa memedulikan ukuran usaha kita, pada akhirnya kita akan merekrut karyawan dari luar. Untuk itu, lakukan proses rekruitmen dengan hati-hati, tanpa tergesa-gesa, dan perlakukan hal tersebut sepenting saat kita memulai usaha.

Jual kelebihannya, bukan harganya.

Saat kita memulai usaha, sudah sewajarnya kita frustasi memasarkannya. Tapi, jika kita bersaing pada harga, kita pada akhirnya akan menjual dengan harga pas-pasan atau bahkan di bawah modal. Kuasai keahlian berkomunikasi dengan pelanggan, untuk menjelaskan bahwa harga produk kita lebih tinggi karena memiliki nilai yang lebih baik.

Ketahui angka dasar.

Mengetahui berapa banyak uang yang kita butuhkan untuk menjalani usaha – mulai dari sewa toko, listrik, asuransi karyawan, sampai harga tinta printer, kertas, dan pajak. Lalu bagi semua itu dengan berapa hari dalam setahun kita akan buka, dan… itulah angka dasar – jumlah minimum pendapatan yang kita butuhkan setiap hari.

Gunakan teknologi terbaru.

Teknologi anyar seperti aplikasi dan penyimpaanan data dengan cloud technology sangat murah dan membuat perusahaan kecil dapat bersaing dengan perusahaan besar. Manfaatkan teknologi rendah biaya yang ada di pasaran.

Perlakukan vendor dengan baik.

Perlakukan vendor dan supplier sebaik mungkin, seperti halnya kita memperlakukan para pelanggan. Mereka bisa saja memberikan diskon berdasarkan besarnya volume pemesanan kita. Hubungan yang baik membuat mereka juga dapat memahami keterlambatan pembayaran, bahkan memberikan pengiriman gratis.

Jadilah yang terbaik.

Kita tidak boleh setengah-setengah. Setiap hal yang kita lakukan untuk konsumen haruslah yang terbaik. Apapun yang kita buat dan jual, haruslah yang terbaik. Lakukan itu terus menerus, dan kekuatan word of mouth akan menyebar. (/red)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s