MOTIVASI DAN KEBUTUHAN

Motivasi :

Daya dorong untuk berperilaku dan perilaku itu mengarah kepada tujuan tertentu.

  • Kebutuhan merupakan esensi dari konsep pemasaran modern.
  • Tujuan : suatu cara untuk memenuhi kebutuhan. Tujuan dibedakan menjadi dua antara lain :
  1. Tujuan Generik : kategori tujuan umum yang dipilih oleh konsumen untuk memuaskan kebutuhannya.

Contoh  : oleh konsumen untuk memuaskan kebutuhannya.

  1. Tujuan Produk Khusus : produk bergambar spesifik yang dapat memuaskan kebutuhan konsumen.

Contoh : Orang yang lapar membutuhkan makanan dan dia memilih Burger Mc. Donald.

  • Bila diterapkan pada perilaku beli konsumen pilihan tujuan mana (generik atau tujuan produk khusus yang akan diambil untuk memenuhi kebutuhannya tergantung pada :
  1. Pengalaman pribadi konsumen
  2. Persepsi konsumen akan citra dirinya sendiri (self image)
  3. Kapasitas fisik
  4. Norma-norma dan nilai-nilai budaya yang berlaku
  5. Asksesbilitas tujuan dilingkungan fisik maupun sosial

Tujuan yang tidak dapat dicapai

  • Frustasi yang dialami seseorang pada umumnya akan mendorong orang tersebut untuk membangun suatu mekanisme pertahanan diri. Mekanisme pertahanan diri dapat mengambil bentuk bentuk berikut :

1. Agresi

2. Rasionalisasi

3. Regresi

4. Menarik diri

5. Proyeksi

6. Autisme

7. Identifikasi

8. Represi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s