Memulai Berwirausaha Sejak Usia Muda

Graphic1

Seorang Dosen yang bernama Kurnia Yahya atau sebut saja Pak Ayok telah memiliki berbagai jenis usaha yang diberi nama dengan CV DUA MATA, dia memulai berwirausaha sejak usia muda tepatnya saat kuliah di STIGMA Malang.

Saat berwirausaha pertama kalinya di Malang, dia menjalankannya dengan tiga temannya yang membutuhkan dana sekitar 70 juta dan itu ditanggung bersama teman-temannya, dan Pak Ayok hanya menanggung 10% dari usaha tersebut sehingga saat pembagian laba yang sesuai dengan besarnya dana ia hanya menerima sebagian kecil dari usaha tersebut. Usahanya itu menggunakan sistem pembagian laba yang dilakukan hanya 60% dari laba, sisanya yang 40% digunakan untuk pengembangan.

Kini usahanya yang diberi nama CV DUA MATA bergerak di bidang Pengadaan Komputer, ATK, dan lain sebagainya. Beliau juga pernah membuka usaha yaitu Shoting sejak tahun 2005 yang sempat jaya menguasai wilayah Lamongan, Bojonegoro, Tuban dan sekarang telah dijalankan oleh saudaranya.

“Segala ilmu itu percuma kalau tidak segera memulainya, intinya modal utama adalah nekat”, ungkap beliau saat ditemui tim Greezma 06/04/2013. Pak Ayok memulai usaha bukan tidak mudah, saat kuliah di Malang ia menjadi pegawai (kuliah sambil kerja) dan kemudian ia berpikir bagaimana caranya untuk memulai berwirausaha.

Menurut beliau modal kompeten dan SDM lah yang paling penting dalam usaha design dan ini berbeda sekali dengan usaha komoditi yang membutuhkan intelektual dalam usahanya, dan yang paling penting menurut beliau adalah kepuasan pelanggan. Berapapun biayanya kalau pelanggan puas pasti dia akan kembali. Strategi usaha yang ditekankan beliau adalah promosi yang dilakukan dari mulut ke mulut yang berasal dari konsumen lama menularkan ke konsumen baru.

Saat ini istri beliau juga turut andil dalam berwirausaha, dia sekarang memegang usaha garmen yang melayani supliyer baju, kerudung, dan lain sebagainya. Saat ini Bapak Ayok berkeinginan mempunyai bisnis yang benar-benar bisa berjalan sendiri seperti usaha franchise tapi belum punya waktu yang tepat.

Harapannya untuk mahasiswa adalah supaya bisa mengkombinasikan antara bekerja untuk belajar maupun belajar untuk bekerja dan yang paling penting adalah ide untuk mengembangkan suatu usaha. “Tips untuk memulai berwirausaha adalah dari hobi, karena jika kita menyukai usaha itu pahit pun terasa manis”, ungkap beliau. (mkl)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s