BISNIS WARALABA DI INDONESIA

Waralaba, kata itu mungkin tidak asing lagi ditelinga kita. Kalian mungkin sudah mengetahui mengenai waralaba di Indonesia seperti Indomaret, Alfamart, KFC dan masih banyak lagi. Bisnis waralaba kini menjamur di Indonesia, perkembangan yang pesat mengindikasikan sebagai salah satu bentuk investasi yang menarik bagi banyak kalangan dan sekaligus membantu pelaku usaha dalam memulai suatu usaha sendiri dengan tingkat kegagalan yang minim.

Mari kita simak pemaparan dari teman-teman kita mengenai waralaba.

 

Lailatul Qodriya : FKIP Semester 2

Bisnis waralaba itu bisnis yang sangat menjanjikan, dimana dengan hanya berinvestasi kita akan mendapatkan keuntungan. Karena telah bekerjasama dengan pihak lain. Menurut saya bisnis waralaba yang berpeluang sangat besar itu dalam bidang makanan. Contohnya yang sudah terbukti adalah KFC, MC Donald, Pizza Hut dan mungkin yang sering kita jumpai juga Alfamart dan Indomaret juga dan di kampus kita juga ada kayaknya kalau nggak salah namanya Teh Pocci, itu juga mungkin termasuk bisnis waralaba. Mungkin bisnis waralaba itu bisnis yang lebih menjanjikan dan berpeluang sangat besar untuk mengembangkan jaringan usaha dibandingkan dengan bisnis-bisnis yang lain. Dan juga cara berinvestasinya itu yang lebih diminati banyak orang. Andai kata saya memiliki uang lebih saya sangat berminat.

Novi Kurnia : Manajemen Semester 6

Yang aku ketahui mengenai waralaba adalah kerjasama, tapi istilahnya kerjasama perusahaan yang punya brand dan dari segi pemasaran maupun yang lainnya. Perusahaan/institusi yang memberi hak pada pihak independen untuk menjual produk dengan  peraturan yang sudah ditetapkan perusahaan. Di Lamongan saat ini kan banyak tuh jenis waralaba dari yang namanya Coffe Terasso, dll. Itu hanya pake brend /merk dari perusahaan itu. Masalah kopinya sama saja.

Intinya disitu kita (pihak independent) yang meminjam merk (semisal Indomaret) kemudian kita setiap tahun nyetorin beberapa persen dari hasil penjualan barang-barang yang laku.

 

Moh. Zuditya Saputra : Akutansi Semester 4

Menurutku Bisnis waralaba itu bisnis yang menjembatani seseorang supaya bisa mempunyai peluang usaha dengan resiko yang minim dan kemudahan untuk memulai bisnis. Kalau bisnis waralabah itu seperti Indomaret atau Alfamaret, sedangkan kalau di badingkan dengan yang lain maka kita lihat-lihat dulu karena bisnis itu banyak dan bermacam. Contohnya jika aku punya usaha dan membuka peluang bisnis lagi buat orang yang mau memulai usahanya. Apabila usaha itu belum jelas maka saya tidak akan untuk mengikutinya.

 

Catur Indah Sari : FKIP Semester 2 (Masda)

Waralaba itu suatu bentuk kerja sama antara sebuah perusahaan yang telah mapan, baik dalam sistem manajemen, keuangan dan marketing serta adanya merek produk perusahaan yang telah dikenal oleh masyarakat luas, dengan perusahaan kecil atau individu dengan cara yang menggunakan merek produk perusahaan yang sudah mapan. Contohnya yang sering kita ketahui di jalan Bisnis perusahaan yang menjual burger mulai dari yang di gerobak bahkan restoran siap saji seperti Mc Donald. Pada dasarnya sama saja, yang membedakan adalah kerja samanya dalam penggunaan merek dari perusahaan yang sudah terkenal tadi, sehingga bisa lebih menguntungkan bagi penjual yang menggunakan merek perusahaan itu dari pada penjual yang menjual barangnya tanpa menggunakan merek dari sebuah perusahaan terkenal, karna merek dari perusahaan terkenal itu dapat memancing para pembeli agar membelinya.

 Irfa : TI Semester 8

Suatu bentuk kerja sama antara sebuah perusahaan yang telah mapan, baik dalam sistem manajemen, keuangan dan marketing serta adanya merek produk perusahaan yang telah dikenal oleh masyarakat luas, dengan perusahaan kecil atau individu dengan cara yang menggunakan merek produk perusahaan yang sudah mapan.

One thought on “BISNIS WARALABA DI INDONESIA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s