Kaidah “ABC” dalam Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Nasional

BENQ DC C1420

Terhitung sejak awal tahun kemarin ( tepatnya  27 januari 2012 ), DIKTI (Direktorat Pendidikan Tinggi) telah mengeluarkan surat (Nomor : 152/E/T/2012) yang ditujukan kepada seluruh  rektor  PTN dan PTS se-Indonesia.  Adapun isi surat tersebut  adalah  mewajibkan, bagi seluruh mahasiswa  dari setiap jenjang pendidikan tinggi untuk menerbitkan jurnal ilmiah. Jurnal ilmiah tersebut disusun sebagai syarat, agar seorang mahasiswa dapat lulus dari jenjang pendidikan tinggi yang ditempuhnya . (http://dikti.go.id/attachments/article/2670/Surat%20Publikasi%20Karya%20Ilmiah.pdf). Atas dasar inilah, kegiatan bertajuk “stimulus program” pelatihan penulisan artikel ilmiah, kala itu diselenggarakan (26/11/12).

Mengabil tempat di kampus 2 STIE Perbanas Surabaya, pelatihan tersebut menghadirkan 3 orang narasumber yang cukup terkemuka dalam dunia pendidikan. Diantaranya adalah Dr.Bambang Pramuka, bapak Amshar, dan Prof.Mien A Rifai, yang merupakan Asisten Direktur Ilmiah Lembaga Biologi Nasional, LIPI, Bogor (1978-1985), serta Panitia Akreditasi Jurnal Ilmiah Direktorat Pendidikan Tinggi (1995).

Dihadiri oleh  78  peserta  perwakilan  dosen dan mahasiswa Universitas negeri-swasta se-Jawa Timur, acara  tersebut berlangsung cukup fasilitatif dan meriah. Adapun dari Unisla sendiri, diwakili oleh 2 orang mahasiswanya, yakni M.Arif Saifuddin dari Fakultas perikananan, dan saya sendiri ( Fariz,Red ) mewakili Greezma didampingi oleh 4 orang pembimbing dari Universitas.

Dibuka oleh sambutan Ketua STIE Perbanas Tatik Suryani, acara ini dilanjutkan oleh pemaparan materi yang cukup memerlukan konsentrasi tinggi dari para narasumber. Penjelasan secara gamblang tentang kode etik dan etika penulisan jurnal ilmiah, menjadi awal jalannya pelatihan. Teknik ilustrasi dalam penulisan artikel ilmiah nasional-pun menjadi menu lanjutan yang harus kami santap selanjutnya.

Ekslusif dan penuh perhatian, kiranya adalah  kata yang tepat untuk menggambarkan jalannya pelatihan. “ Ini yang pertama kali ada dan saya ikuti. Sangat menarik dan sangat membantu, walaupun harusnya sejak awal dulu acara ini diselenggarakan,” ucap Safitri, salah seorang mahasiswi semester 7 STIE Perbanas pada kesempatan kala itu. ” Harapan saya, bisa lancar dalam menulis artikel nanti, ” ujarnya ketika ditanya mengenai tujuannya mengikuti acara ini.

Tidak jauh berbeda dengan Safitri, jawaban yang sama juga datang dari Ridit, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya.“ Ingin bisa nulis artikel intinya, apalagi saya sudah semester 5,” ujarnya ketika diwawancara. “ Semoga setelah ini, akan ada lagi acara yang mendukung lainnya. Sehingga kita bisa dengan mudah mengenal jurnal ilmiah nasional  bahkan intrenasional,” tambahnya.

“ Dalam membuat artikel ilmiah, kaidah kencana ( golden rule ) yang harus selalu kita pegang adalah kaidah ABC yakni ( Accurate, Brief, Clear ). Accurate disini, maksudnya adalah berketepatan tinggi ( artikel ilmiah itu harus tepat dalam berbagai aspek ), Brief ( ringkas, singkat dan padat serta lugas ), dan Clear ( jelas, tak diragukan, tak rancu, tanpa penafsiran lain ),” ujar prof.Mien ketika memaparkan materi. Dengan suara beliau yang cepat dan lantang, tak jarang para peserta dibuatnya harus memfokuskan pandangan kedepan. Dilanjutkan dengan coffee break selama 30 menit, acara tersebut kembali dimulai pukul 15.30 wib.

Terlihat antusiasme peserta muncul ketika sesi tanya-jawab dibuka oleh panitia. Prof.Mien harus menjawab banyak pertanyaan dari para peserta, mengenai teknik penulisan artikel yang benar. Sangat menarik dan komunikatif adalah inti dari acara yang sebelumnya dijadwalkan berlangsung selama 2 hari namun batal tersebut.

Waktu jua-lah yang harus membatasi pertemuan pada saat itu. Pukul 17.00 waktu setempat, acara tersebut resmi ditutup dengan secercah harapan dari Prof.Mien, yakni agar semua sivitas akademika dapat dengan mudah menulis artikel ilmiah dan pendidikan di Indonesia dapat tumbuh berkembang pesat hingga dunia internasional dalam waktu dekat.       ( FRz ) F4

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s