Deadline tugas, Say “NO” to Stress

deadline-tugas tugas_kuliah_1

 

“Mahasiswa tanpa tugas bagai taman tak berbunga.. Haii.. begitulah kata para pujangga.. aduhaii.. begitulah kata para pujangga..” *salah lagu*

Kalo ngomongin masalah tugas, jangan ditanya lagi, memang hal yang satu ini tak bisa lepas dari namanya mahasiswa. kalo kata orang ini sudah sepaket kayak amplop sama perangko. Yuhuy..
Apalagi kalo udah mendekati akhir semester kayak gini. Kerjaan mahasiswa tak lain hanyalah mantengin laptop, buku, sama hp *tetep aja gak ketinggalan yang satu ini.

Dan kalo udah kayak gini gak kan ada namanya kamar mahasiswa yang bersih dan rapi. dimana-mana berserakan kertas, tugas, laporan, dan makalah. Bahkan posisi tugas dapat menggantikan posisi kekasih hati *Nah loh*. Kayak lagu ini nih… Aku mau makan ku ingat tugas, aku mau tidur juga ingat tugas, aku sedang sedih ku ingat tugas, aku sedang bosan ku ingat tugas…

Tugas itu kayak hantu, dimana-mana selalu ada menghantui mereka. Bagi mereka, tugas tak ayal adalah setumpuk musuh yang harus dihabiskan. Tugas bak jalan terjal yang harus dilalui.

Sedikit narasi di atas tentunya pernah dirasakan oleh mahasiswa kampus ijo kan?? Berbicara mengenai tugas ”assignment ” tentunya sudah menjadi bagian dari kewajiban kampus, bahkan di beberapa kesempatan, setiap mahasiswa pasti pernah merasakan tertekan dengan deadline, tugas kampus yang banyak, ujian atau tes bahkan lainnya dengan beragam masalah yang kompleks dan tidak pernah menemukan titik ketenangan, bahkan “sometime” kita merasa stress akibat deadline tugas tersebut.

Sipus pun tertarik mengulas tema “deadline tugas” ini untuk edisi Greezma kali ini. Berbekal 100 responden dengan obyek yakni mahasiswa kampus ijo sendiri, dengan variabel 5 pertanyaan, berikut hasil survey sipus …*check this out*

Pernahkah kamu mendapat beberapa tugas dari dosen yang berbeda, sementara tugas itu harus dikumpulkan dalam waktu yang hampir bersamaan?

ü  Sangat sering 25%

ü  Sering 45%

ü  Terkadang 30%

 

 

 

 

 

Bagaimana perasaan kamu jika menghadapi “deadline tugas” tersebut?

ü  Sangat bingung 45%

ü  Biasa, karena sudah biasa mengerjakan 45%

ü  Nggak peduli 10%

 

Dengan siapa saja kamu biasanya mengerjakan tugas-tugas tersebut?

ü  Sendiri 25%

ü  Teman/senior 55%

ü  Orang terdekat (pacar, ortu) 20%

 

Dimana kamu biasanya mengerjakan tugas-tugas tersebut?

ü  Rumah 50%

ü  Kampus 35%

ü  Perpustakaan 15%

 

 

Bagaimana cara kamu dalam menyelesaikan tugas tersebut?

ü  Browsing di internet 55%

ü  “copas” teman 15%

ü  Sendiri dengan referensi 35%

 

 

Menelaah pada diagram di atas, Sipus mencoba menganalisa respon mahasiswa kampus Ijo dalam menghadapi deadline tugas:

  1. Hampir 70% mahasiswa menjawab sering mendapatkan beberapa tugas dari dosen yang berbeda, sementara tugas itu harus dikumpulkan dalam waktu yang hampir bersamaan, hal ini menandakan bahwa “deadline tugas”, mendera mayoritas mahasiswa.
  2. Sebagian mahasiswa (45%) merasa bingung dalam menghadapi “deadline tugas”, dan sebagian (45%) sudah terbiasa karena mereka sudah terbiasa mengerjakan banyak tugas. “good job” buad kalian yang sudah cakap ngerjain tugas.nya, namun yang merasa bingung, tentunya hal ini sangat manusiawi, namun yang terpenting adalah bagaimana kalian mengontrol rasa bingung tersebut sehingga efeknya nggak negatif untuk pengerjaan tugas itu.*tetep semangad yaa guys walau banyak tugas *
  3. “Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing”, pepatah tersebut “nge-klik” dengan jawaban dalam hal pengerjaan tugas-tugas, mayoritas mahasiswa kampus ijo (55%) menjawab teman/senior sebagai partner dalam pengerjaan tugas, tentunya kerjasama tim dengan pikiran banyak orang lebih baik, karena pengetahuan akan bertambah satu sama lain, tapi ingat yaa guys, dengan begitu bukan berarti kita hanya bergantung dan mengandalkan orang lain.
  4. Tempat  yang “pewe”, tentunya akan ber-efek pada bagaimana kita semangat mengerjakan tugas.nya, rumah adalah tempat favorit karena banyak dipilih mahasiswa dalam mengerjakan tugas, disini point utamanya adalah bagaimana suatu tempat mampu membuat kita merasa “comfort”, sehingga tugas pun seolah bukanlah menjadi suatu beban.
  5. Salut buat mahasiswa kampus ijo, karena hanya sebagian kecil (15%) yang menjawab “copas” alias copy-paste tugas teman. Mayoritas Pengerjaan tugas dengan browsing internet sebagai media referensi, hal ini positif, karena sumber pengetahuan tentunya tidak hanya dari buku, banyak referensi, salah satunya internet, apalagi di zaman modern seperti ini. *cepat tobat yya buad yang suka copas tugas teman, hal itu negatif buat kalian sendiri*

So guys,,,Percaya atau tidak semua orang pasti pernah ngerasa dikejar deadline, jadi tertekan dan jenuh itu wajar, namun yang harus diingat adalah:

  1. Pandai me-manage waktu (tentunya kita sebagai mahasiswa harus mampu mengatur waktu yang kita punya, kapan kita harus mengerjakan tugas kuliah, tugas di luar kuliah, dan proyek lain,jadi tidak terbengkalai)
  2. Kelupaan adalah salah satu faktor kita dikejar deadline, semisal kita ada tugas minggu lalu dari dosen, namun selama 1 minggu tersebut, ada banyak hal yang harus dikerjakan baik di dalam perkuliahan atau proyek di luar kuliah, sehingga saat mata kuliah tersebut kita lupa bahwa ada tugas, sehingga membuat note untuk setiap tugas kita akan cukup membantu.
  3. Hal yang terpenting  JANGAN SUKA MENUNDA,,!!!!!! Karena dengan menunda, akan menambah deretan panjang tugas.
  4. Say “No to stress, sadarilah guys ini memang jalan hidup yang harus dilewati setiap orang akan hidup dengan bebannya masing-masing, saat menandatangani kontrak sebagai anak kuliah tentunya tugas adalah hal yang harus siap kita hadapi.

Tetep semangat, dan sampai jumpa di edisi Sipus selanjutnya yang tentunya dengan topik yang lebih menarik J. (L n A)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s