LCG Adakan Pemutaran dan Diskusi Film “ Kita Versus Korupsi ” di UNISLA

LCG

 

Semakin menjamurnya praktik korupsi di lingkungan kita, adalah salah satu penyebab kegagalan pembangunan bangsa. Banyaknya hutang Negara dan tingkat kemiskinan yang semakin bertambah, menjadi satu  dari sekian dampak akibatnya. Bangsa  akan sangat merana,  jika korupsi dibiarkan semakin merajalela. Merujuk  pada  banyaknya  kasus korupsi yang terjadi inilah, Lamongan Clean Governance (LCG) didirikan.

Lamongan Clean Governance (LCG) adalah lembaga sosial yang bergerak tegas melawan dan mencegah korupsi khususnya di kabupaten Lamongan. Dalam rangka memperingati hari anti-korupsi sedunia yang jatuh setiap  tanggal 9 desember. Bekerjasama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa ( BEM ) UNISLA, LCG (6/12) mengadakan acara pemutaran dan diskusi film “kita versus korupsi.”  Adapun  acara ini adalah bagian dari road show LCG ke beberapa perguruan tinggi di kabupaten Lamongan, yang sebelumnya telah dilangsungkan di STAIRA, STITAF, Ponpes Al-Fallah, UNISDA dan STIKES Muhammadiyah Lamongan.

Dengan mengambil tema “Kita bisa bersih“ acara ini diselenggarakan sebagai bentuk penolakan terhadap tindakan korupsi yang semakin menjamur luas, sekaligus Launching LCG yang  baru diresmikan. Sebanyak 130 peserta dari berbagai kalangan, hadir untuk mengikuti jalannya acara.  Mereka  adalah  para  pelajar, anggota ORMAS, hingga anggota DPD kabupaten Lamongan.

Diantaranya  narasumber yang hadir dalam acara ini adalah Nihrul Bai Al-Qaidar selaku direktur LCG, bersama  Rais Abid sebagai perwakilan dari ICW (Indonesian Corruption Watch), yang secara khusus menyempatkan hadir dari Jakarta  untuk mengisi rangkaian acara.

Heni kusrini selaku Presiden BEM UNISLA, dalam sambutannya mengungkapkan, bahwa korupsi itu bagaikan rumput, setelah dicabut akan tumbuh lagi dan lagi. Untuk itulah diperlukan sebuah formula khusus agar korupsi itu dapat dibasmi sehingga tidak akan tumbuh lagi. Dan formula itu adalah  sebuah perubahan. “ Bersama-sama,  mari kita  katakan tidak untuk korupsi,” ajaknya kepada para peserta kala itu.

“ Pemerintahan yang baik  adalah  pemerintahan yang jujur, yang adil dan yang bersih.”  Itulah sambutan dari Pembantu Rektor 4 Unisla bapak Malchan, sekaligus membuka jalanya acara pada kesempatan saat itu. “ Untuk mewujudkan pemerintahan yang baik diperlukan jiwa yang bersih serta  keimanan yang kuat. Dan korupsi adalah hal yang dapat menjadikan jiwa kita tidak bersih, sehingga harus dihindari dan dicegah sebisa  mungkin,” tambah beliau dalam sambutanya.

Dengan penuh antusias dari para  peserta, acara tersebut diawali dengan pemutaran film pendek yang menyajikan berbagai bentuk tindak korupsi. Decak sorai para peserta sempat menyeruap,  ketika terdapat adegan yang cukup membuat iba dalam sequel pemutaran film tersebut. Dimana seorang bapak guru honorer yang mengajar anak seorang petinggi, ditolak lamarannya oleh sang bapak, hanya karena dia miskin dan tak menyelipkan lembar uang kedalam surat lamarannya. Dan ironisnya, tindakan sang bapak tersebut diketahui secara langsung oleh sang anak yang masih belia. “Ini kan guru adik yah,” ujar sang anak dalam cuplikan film tersebut.

Dilanjutkan dengan diskusi yang membahas total tentang tindak perkorupsian di Indonesia,  acara ini berjalan cukup menarik. Tanya jawab peserta dengan narasumber-pun berjalan cukup komunikatif. “ Bagaimanapun juga, korupsi adalah tindakan amoral yang tidak dibenarkan dan akan merugikan Negara. Sebagai generasi muda, inilah tugas kita untuk memerangi dan memberantasnya,  “ujar ketua DPM Unisla Fakthur Rokhim seusai acara . “ Kita dapat bersih,  jika kita tanamkan sikap anti korupsi  sejak dini dalam diri kita “ tambahnya.          ( FRz )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s