PERSAMI dalam Penerimaaan Tamu Racana

GM_Pramuka

UKM Pramuka gudep perti 2401-157,158 Universitas Islam Lamongan (UNISLA) mengadakan Perkemahan Sabtu-Minggu (Persami) dalam rangka penerimaan tamu racana (1/12). Adapun upacara pembukaan tersebut digelar pada sabtu siang pukul 02.00 WIB, dengan kakak Uzlifatul Masruroh sebagai Pembina dan kakak Budiman sebagai Pemimpin. Dilaksanakan di halaman parkir UNISLA, acara ini berjalan dengan cukup khidmat.

Dalam upacara pembukaan, kakak Pembina ( Uzlifatul,Red ) menyampaikan bahwa persami ini adalah sangatlah berati bagi semua peserta, menimbang UKM pramuka  telah berdiri sejak 2 tahun yang lalu. Disamping itu beliau juga menuturkan agar UKM pramuka tetap berjalan di kampus ini karena manfaatnya sangatlah besar. “Karena ketika seseorang menjadi guru dan dia memiliki keahlian pramuka, itu merupakan nilai tambah tersendiri baginya,”tambah beliau.

PERSAMI  yang mengangkat tema “Sepi Ing Pamrih Rame Ing Gawe tersebut diikuti oleh  ± 100 orang peserta dari seluruh fakultas di UNISLA. Adapun peserta terbanyak berasal dari Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan ( FKIP ) yang notabenenya akan berprofesi sebagai guru. Disamping itu, kegiatan Pramuka ini nantinya juga akan menjadi agenda wajib di FKIP. Adapun tema tersebut diangkat dengan maksud agar anggota persami dapat selalu melakukan banyak hal yang positif tanpa mengharap imbalan kepada yang lain tentunya.

Adapun bentuk awal kegiatan dalam acara tersebut adalah membangun tenda setelah upacara diadakan. Dilanjutkan ISHOMA dan perkenalan pramuka di tingkat perguruan tinggi, penyampaian materi dasar-dasar pramuka menjadi agenda tambahan yang wajib diikuti, dengan kakak  Imam sebagai pematerinya. Beliau adalah seseorang yang telah lama mendalami pramuka dan juga sebagai andalan Pramuka cabang Lamongan.

Kegiatan malam, para peserta di bangunkan sekitar pukul 02.30 dini hari guna mengikuti kegiatan api unggun dan renungan malam. Meskipun banyak diantara peserta yang masih terkantuk-kantuk, namun kegitan tersebut tetap berjalan dengan lancar. Selanjutnya para peserta di anjurkan istirahat sebentar hingga sholat shubuh.

Esok harinya pukul 08.00 WIB, para peserta mengikuti kegiatan mencari jejak dan out bound. Dalam kegiatan ini banyak dari peserta yang merasakan keletihan yang luar biasa, namun tetap dalam suasana kegembiraan.  Oleh kakak Pembina mereka mendapat tugas memecahkan kode dan menjawab bermacam-macam pertanyaan. Bagi beberapa peserta yang gagal dalam tugas tersebut diberi beberapa sanksi seperti memakai jam tangan dari sampah, gelang kaki dari sampah, sampai dengan disuruh menangkap serangga menurut jenis kelaminnya. Seperti yang diungkapkan salah seorang peserta kapada tim Greezma. “Ya kak, kami terkena hukuman menangkap serangga 10 jenis, disuruh menjelaskan jenis kelaminnya, lalu menjelaskan manfaatnya. Uuugh, banyak banget kak.  Sebel sih tapi kami tetap have fun koq , “  ujarnya dengan tersenyum.

Setelah matahari tepat di atas kepala, para peserta yang kelelahan mencari jejak dan out bound diistirahatkan serta dipersilahkan membersihkan diri. Yang terakhir adalah upacara penutupan dan bakti sosial. “Alangkah baiknya Persami kemarin jika para peserta lebih aktif dan giat karena itu merupakan bagian dari jiwa pramuka, “tutur Venny selaku ketua Racana putri. “Saya juga mengajak kepada seluruh mahasiswa  agar dapat ikut serta dalam kegiatan Kepramukaan di kampus kita. Karena manfaatnya akan sangat berguna bagi diri sendiri khususnya dan masyarakat bangsa dan Negara kedepannya,” tambahnya.

“Saya sangat bangga, karena awalnya saya pikir kegiatan Pramuka itu hanya ada di SD, SMP, dan SMA saja, tapi ternyata tidak,” ujar Sofi salah seorang peserta. “Disini saya dapat pengetahuan lebih tentang kepramukaan di kalangan perguruan tinggi. Sangatlah berbeda, namun tetap memberikan banyak manfaat. Harapan saya yakni semoga UKM Pramuka ini tetap eksis dan jaya kedepannya, hidup pramuka ! ” tandasnya penuh semangat. (SZR)

One thought on “PERSAMI dalam Penerimaaan Tamu Racana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s