Musyawarah Anggota UKM Jemapala

Berjalan dan Bergandeng Tangan Bersama

Jemapala

Organisasi sebagai wadah pengembangan jiwa kepemimpinan merupakan fasilitator bagi mahasiswa yang dikobar-kobarkan sebagai “agent of change” untuk menetaskan calon-calon pemimpin dan pemikir yang hebat. Berbicara “Organisasi dan kepemimpinan”, keduanya sangatlah berkaitan. Karena bagaimana jalannya suatu roda kehidupan organisasi mempunyai tali penghubung dengan bagaimana “leader”nya dalam mengkoordinasikan anggotanya untuk bersama membangun organisasi tersebut.

Banyak cara untuk melakukan proses pengkaderisasian, salah satunya adalah dengan “musyawarah anggota”. UKM Jemapala Unisla, pada tanggal 17-18 November 2012 telah menyelenggarakan Musyawarah anggota “Musyang” untuk memilih “leader” UKM tersebut.

Musyarah anggota merupakan kegiatan “annual” bagi UKM Jemapala, maksudnya kegiatan ini terselenggara tiap 1 tahun sekali bagi anggotanya. Adapun musyawarah kali ini adalah musyawarah tahun ke-2 bagi UKM tersebut. Dengan mengusung tema “Bersatu dalam Damai, Bersama dalam Jiwa, dan Melangkah Lebih Maju Menuju Kejayaan”, Musyawarah berlangsung selama 2 hari bertempat  di gedung utama lantai 1 UNISLA untuk pembukaan. Sedangkan acara inti dilaksanakan di gedung selatan lantai 4. Hal ini ditujukan agar kondisi musyawarah dapat berjalan lebih kondusif ditengah aktifitas perkuliahan yang sedang  berlangsung kala itu.

Acara Pembukaan pukul 09.10 – 10.30 WIB dengan Pembantu Rektor III ibu Nuril Badriyah sebagai pembuka acara. Dilanjutkan dengan musyawarah anggota yang terdiri dari seluruh anggota UKM Jempala Unisla sebanyak 25 orang, musyawarah ini dilaksanakan untuk mempertemukan seluruh anggota dengan tujuan melakukan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) dan meninjau kembali ADRT Jemapala UNISLA. Adapun acara puncak adalah pemilihan ketua umum baru yang diharapkan mampu membawa UKM Jemapala untuk ke depan lebih baik.

Penting untuk kita mengetahui agenda musyawarah yang berjalan 2 hari nonstop, tanpa jeda tidur, hanya jeda ISHOMA tersebut, yakni diawali dengan pembacaan tata tertib musyawarah dilanjutkan pemilihan ketua sidang.

Ketua sidang bertugas memimpin jalannya sidang pleno, yakni sidang pleno 1 dengan agenda pemaparan laporan pertanggungjawaban dari kepengurusan tahun sebelumnya dan bagaimana kepengurusuan selama 1 tahun tersebut dipertanggungjawabkan pada semua anggota Jemapala. Sidang Pleno ini dilaksanakan mulai pukul 14.00 WIB dan baru berakhir setelah isya. Agenda selanjutnya adalah sidang mengenai kebijakan apa yang ditentukan bagi anggota jemapala yang tidak aktif apakah pemecatan ataukah pemberian surat peringatan.

Sidang Pleno II merupakan lanjutan serentetan agenda musyawarah saat itu. Dengan tujuan membahas Anggaran Dasar Rumah Tangga (ADRT) UKM Jempala dan pembahasan GBHO (Garis Besar Haluan Organisasi), acara selanjutnya atau puncak acara adalah pemilihan ketua umum UKM Jemapala yang baru. Dan terpilihnya Fathur Nadhlir semester 5 Fakultas Teknik Informatika sebagai ketua umum adalah hasil dari pemilihan. *congratulation*

Berikut penuturan Nadhlir ketika ditanya mengenai perasaan terpilih menjadi Ketua Umum Jemapala yang baru. “Saya sangat terharu karena semua anggota memilih saya. Dan hal itu menandakan bahwa mereka percaya pada saya. Tentunya hal ini tidak akan menjadi beban bagi saya, karena sejak awal yakni saat diklat kita sudah berjanji untuk memajukan UKM Jemapala,” tambahnya. “Sementara untuk Program kerja, saya akan melanjutkan proker tahun sebelumnya, yang lebih saya utamakan adalah bagaimana merealisasikan proker yang belum terlaksana pada kepengurusan sebelumnya”, paparnya.

Dan diakhir pembicaraan dengan tim Greezma, ia menyuarakan harapan, “Bagi yg memilih saya, jangan hanya memberikan semua beban itu kepada saya, namun marilah kita berjalan dan bergandeng tangan bersama untuk UKM Jemapala. Dan bagi pihak kampus mohon dukungan untuk kegiatan kami kedepannya. Karena tanpa dukungan kampus tentunya kegiatan kami tidak akan berjalan dengan baik” tukasnya. (ly)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s