Sudahkah kita melakukan langkah kecil penghematan energi bagi kehidupan?

Hemat energi,  kata itu mungkin sudah tak asing lagi ditelinga kita pastinya. Tentu kalian semua mengerti akan pentingnya hemat energi. Hemat energi bukan berarti kita kembali ke zaman purbakala dulu, tetapi kita mengurangi penggunaan bahan bakar yang berasal dari fosil, yang tentunya tidak bisa diperbaruhi.

Mengurangi dampak pemanasan global mungkin tampak seperti tugas yang menakutkan, tapi jika setiap kita membuat komitmen untuk mengambil langkah-langkah sekarang, kita dapat membuat sebuah  perubahan.

Seperti yang kita ketahui, pemerintah telah menghimbau akan penghematan energi, tetapi himbauan itu tidak akan ada artinya jika kita tidak bersama memulai dari diri kita sendiri.

Lantas, langkah apa sajakah yang sekiranya efektif dan efisien untuk bisa menghemat energi ??

Berikut penuturan beberapa mahasiswa Unisla tentang Gerakan Hemat Energi menurut mereka. Check this out!

==========================>>>>>>>>>>

Eka agustina

Eka Agustina /FE/Semester 3

Penghematan energi sangat penting, karena energi merupakan kebutuhan manusia yg diprioritaskan. Sebab sangat mempengaruhi kelangsungan hidup anak cucu kita nanti. Dengan cara memanfaatkan energi secara efektif dan efisien itulah langkah hemat energi dimulai, contohnya upaya penghematan energi listrik dengan memakai listrik seperlunya/sesuai kebutuhan, penggunaan BBM yang tidak berlebihan, dll. Sedangkan cara yang paling tepat untuk mengajak  berhemat energi kepada orang disekitar  kita adalah dengan memberi contoh secara nyata tentang penghematan energi, maka mereka tersadar secara tidak langsung untuk melakukan penghematan energi juga.

=========================================================

ismaiyah

Ismaiyah /FE/ Semester 7

Langkah untuk hemat energi sangat penting, karena dengan  kita berhemat energi terutama penggunaan bahan bakar minyak, listrik, dll maka akan mengurangi polusi udara. Seperti yang kita tahu bahan bakar minyak yang dari fosil tidak bisa diperbarui. Langkah nyata yang bisa kita lakukan untuk hemat energi adalah dengan mematikan lampu disiang hari, mencabut charge hp, laptop, jika baterainya sudah penuh, menggunakan kendaraan bermotor dengan bijak. Dan mengajak orang sekitar kita untuk sadar berhemat energi seperti kita adalah suatu tugas yang mudah, jika kita sendiri melakukan hal serupa.

=========================================================

sahal

Sahal Maknun /TI/Semester 1

Kalau menurut saya hemat energi itu sangat penting. Karena sumber daya alam tak terbarui semakin berkurang dan sangat mempengaruhi banyaknya energi sumber daya alam tak terbarui dimasa mendatang. Cara yang saya lakukan untuk hemat energi adalah mematikan lampu pada siang hari,dan mematikan peralatan-peralatan listrik yg tidak terpakai, dan  agar orang sekitar kita tahu akan kesadaran hemat energi mungkin pertama dengan pengarahan dan memberikan info akan pentingnya hemat energi.

=========================================================

widhya

Widhya /FKIP/Semester 1

Hemat energi sangat penting sekali, karena tanpa energi, manusia sulit beraktifitas. Entah itu energi dari listrik atau bahan bakar minyak. Meskipun manusia hidup butuh menggunakan energi, tapi harus hemat dan efisien penggunaannya dan kalau perlu menggunakan bahan energi alternatif yang ramah lingkungan. Untuk hemat energi contohnya tidak menggunakan sepeda motor jika jaraknya sangat dekat dan cara lainnya mematikan lampu rumah jika dirumah masih kelihatan terang. Untuk mengajak orang-orang berhemat energi dengan memberikan penjelasan dan himbauan tentang dampak positif hemat energi untuk kelangsungan hidup manusia dan agar terus menerus melakukannya.

Nah, sobat.. sekarang kita jadi tahu kan, seberapa pentingnya gerakan hemat energi itu. Selain yang sudah disebutkan teman-teman kita diatas, ada juga langkah yang bisa kita terapkan seperti menggunakan lampu hemat energi, jika setiap keluarga kita mengganti satu bohlam lampu biasa dengan neon low watt, bayangkan berapa banyak energi yang bisa kita hemat, juga mulai menanam pohon, dan menghentikan pembalakan liar. Mungkin terkesan sulit bagi kita yang sudah terbiasa menggunakannya, tetapi tidak ada salahnya kita melakukan penghematan energi mulai dari sekarang.

So, keep our earth yaa, guys.. Jaga bumi kita agar tetap hijau. J (if/dd)   

 

One thought on “Sudahkah kita melakukan langkah kecil penghematan energi bagi kehidupan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s