Prapendidikan Sebagai Dasar Pembentukan Mental Menwa Universitas Islam Lamongan LXVI

IMG_1469

“Pra Pendidikan Dan Latihan Dasar” bagi calon Resimen Mahasiswa unisla 2013 Merupakan salah satu cara untuk menanamkan jiwa bela negara terhadap NKRI serta membentuk mental dan fisik mereka, disisi lain juga untuk membekali mereka dengan ilmu – ilmu militer, Kepemimpinan hingga keprajuritan yang disertai dengan ilmu pengetahuan. ilmu – ilmu militer, kepemimpinan hingga keprajuritan yang disertai dengan ilmu pengetahuan serta pengaplikasian dalam kehidupan sehari – hari.

Acara Pra Pendidikan ini dilaksanakan pada tanggal 3-6 januari 2013 dengan  jumlah 7 peserta yang bertempatan dikampus Universitas islam lamongan. Seperti bisa dilihat sekarang ini kebanyakan pemuda sudah mulai kehilangan jati diri mereka sebagai kader bangsa yang seharusnya memiliki jiwa bela negara, kebanyakan dari mereka lebih suka berhura – hura dan apatis dengan keadaan sekitar dengan tema itu kami mengharap adanya menwa disini dapat membangkitkan lagi jiwa bela negara para pemuda.sehingga dapat mempererat kesatuan untuk mempertahankan NKRI.

Saat pembukaan Acara Prapendidikan menwa unisla di buka oleh Ir.Hj.Nuril Badriyah, MM. Selaku Pembantu Rektor III dan Perwakilan Dari Kasdim Kodim 0812 Lamongan.

Bela Negara merupakan suatu kewajiban setiap warga Negara untuk membela negaranya dalam bentuk apapun termasuk dalam bentuk menjaga kesetabilan pertahanan wilayah kedaulatan negaranya dari ancaman Negara lain yang kemungkinan besar dapat mengancam pertahannan kedaulatan negaranya, atas dasar itulah Resimen Mahasiswa Indonesia di bentuk sebagai tenaga cadangan militer dalam mempertahankan kedaulatan terutama kedaulatan NKRI dari ancaman Negara lain. Pembentukan jiwa bela Negara tidak semata – mata dilakukan dengan cepat dan langsung diaplikasikan , namun membutuhkan suatu tahapan dan proses hingga jiwa bela Negara tersebut tertanam kuat dijiwa .Ungkap Bapak Mayor INF.Bambang Selaku Kasdim Kodim 0812.

Ada dua hal dimana kamu jangan pernah menyerah, hidup dan cintamu There are two things you must never give up, Your life and Love Anonymous , tetap semangat Teman – Teman menwa unisla jika sukses slalu beraroma kesenangan maka kebanyakan ia datang dari perjuangan panjang. Tiada rintangan yang tak dapat di lalui,setiap tugas pasti akan mendapatkan masalah,percayalah setiap masalah akan ada jalan keluar. Ungkap Oddy selaku panitia pradik menwa unisla.

Raid Baret menwa Unisla akan dilaksanakan setelah kegiatan Diksar di Malang. Pradiksar ini selain ditujukan untuk menanamkan jiwa bela Negara , juga untuk membekali diri mereka sebelum mereka melaksanakan Pendidikan dan Latihan Dasar ( DIKSAR ) yang akan dibina langsung oleh TNI AD Indonesia. Dengan harapan para calon Resimen Mahasiswa Indonesia dapat beradaptasi dengan keadaan dilembaga pendidikan nantinya, serta dapat menyerap segala ilmu dan pengalaman yang dia dapat dari lembaga pendidikan tersebut dan dapat diterapkan kedalam satuan.

Harapan selanjutnya semoga menwa unisla semakin besar dan membesarkan serta mengharumkan nama universitas, dapat berguna bagi negara yang baik. Semoga dengan adanya Ukm Menwa di unisla dapat membangkitkan semangat mahasiswa dalam mempertahankan negara baik dibidang akademis maupun pertahanan negara. Tidak hanya tahun depan tetapi seterusnya adalah Stigma bahawa menwa adalah antek-antek militer itu terkikis karena pada dasarnya disini kami bukan militer sepenuhnya tetapi semi militer. Kami tetap mahasiswa pada umumnya,hanya saja kami mendapatkan pengetahuan tentang kemiliteran.contoh positifnya dari apa yang si dapat adalah kedisiplinan, wawasan kebangsaan, jiwa korsa dan masih banyak lagi dan kami harap menwa di unisla ini dapat tumbuh menjadi ukm yang terbaik. Itulah ungkapan Widiarti Selaku Komandan Menwa Unisla Saat diwawancari Crew Greezma.Dy/If

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s