Mozila Makin Serius Mengembangkan Firefox OS

In-Tech

Interface
OS. Firefox

Mozilla tidak puas dengan hanya menjadi search engine. Mereka pun mencoba berkembang ke ranah mobile, dengan harapan juga membawa Firefox bersamanya. Dan yang diajukan adalah Boot2Gecko. Sistem operasi mobile berbasis web yang sarat akan script HTML5. Kemudian selama Mobile World Congress 2012 lalu OS open source tersebut bisa berjalan di semua smartphone

Firefox OS sendiri merupakan system operasi mobile open-source dari Mozilla untuk menandingi dominasi system operasi mobile iOS dari Apple dan Android dari Google. Perusahaan yang mulai debutnya pada tahun 2004 ini awalnya hanya fokus untuk pengembangan aplikasi browser Firefox untuk desktop dan kemudian merambah ke perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Mozilla mendaur ulang perangkat lunak Firefox dengan menciptakan Firefox OS untuk ponsel dan desktop.

Sepertinya Firefox OS merupakan upaya untuk menjaga eksistensi Mozilla diranah desktop dan mobile. Mozilla berharap developer dapat membantu menciptakan aplikasi di lingkungan Firefox OS yang berbasis HTML5, JavaScript dan CSS serta mendorong pembuatan toko app Firefox OS yang akan memungkinkan para pengembang untuk mendistribusikan aplikasi mereka secara langsung kepada pelanggan.

Firefox OS generasi pertama akan ditanam diponsel bertenaga rendah, seperti spesifikasi ponsel yang diperlukan untuk menjalankan Android 2.2 Froyo dengan prosessor 800 MHz chip Qualcomm dan memory 256 MB RAM. Hal itu bertujuan untuk menekan harga jual ponsel Firefox OS menjadi sekitar $ 100, sebuah harga yang malah lebih tinggi untuk fitur ponsel.

Meskipun Firefox OS sudah diperkenalkan dari September lalu, namun sampai sekarang belum ada kepastian kapan ponsel dengan Firefox OS mulai diproduksi. Kabar terakhir ponsel pertama dengan Firefox OS akan diluncurkan tahun depan melalui kerjasama dengan produsen ZTE dan TCL.

Sebagai awal pengenalan, Firefox telah merilis versi prototipe yang juga masih dalam pengembangan. Bagi yang ingin mencoba OS Firefox tersebut kini bisa langsung menjalankannya melalui browser Mozilla.

OS Firefox tersebut baru sebatas simulator yang bisa dijalankan jika kita sudah mengunduh add-ons yang berukuran 66 MB. Setelah add-ons tersebut selesai diunduh, dan juga diinstall tentunya (support Firefox versi 16). Kita sudah bisa merasakan OS Firefox dengan kursors sebagai navigasinya. Kita akan seolah menggunakan ponsel ber-OS Firefox dan bisa mencicipi fitur yang ditawarkan.

Tertarik untuk mencoba? silakan unduh dulu di sini http://people.mozilla.org/~myk/r2d2b2g/
Setelah selesai mendownload, langsung saja pilih Firefox OS Simulator lewat menu Tools > Web Developer > Firefox OS Simulator.

Yang perlu diingat bahwa simulator ini juga masih dalam versi beta, jadi tentu masih banyak bug ketika dijalankan.

Bagaimana sepak terjang Mozilla dengan Firefox OSnya, apakah mampu menandingi dominasi iOS dan Android? Kita tunggu saja kabar selanjutnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s