Kongres Mahasiswa VIII

“Dimulainya Pesta Demokrasi”

Kongres

Jiwa kepemimpinan para penerus bangsa dan generasi muda harus ditanamkan sejak dini. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan dalam proses pengkaderisasian, salah satunya dengan pengadaan “Kongres Mahasiswa”.

Kongres Mahasiswa adalah kegiatan yang diadakan setiap tahun oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas (BEM-U). Tepatnya pada tanggal 29 Desember 2012 berpusat di gedung utama Universitas Islam Lamongan, Kongres Mahasiswa ke-VIII kali ini digelar. Dibuka oleh sambutan Bapak Mudlor selaku Rektor UNISLA, acara ini berlangsung pukul 09.00 waktu setempat, dan dilanjutkan sambutan dari para Pembantu Rektor.

“Mahasiswa sering berkata demokrasi, namun mereka anarkhi memaksakan kehendaknya. Akibatnya seiring perkembangan zaman muncul 3 kelompok mahasiswa yakni; mahasiswa kupu-kupu (Mahasiswa yang hanya kuliah-pulang dengan pola pikir I.P tinggi), mahasiswa Cheer leader (mahasiswa yang hanya banyak berbicara namun minim tindakan), dan mahasiswa yang aktif dengan organisasinya,” jelas bapak Bambang (PR I) dalam sambutannya.

“Kongres kali ini mengusung tema Merekonstruksi Demokrasi Kampus Demi Terwujudnya Kepemimpinan yang Berkarakter dengan maksud mampu mengubah demokrasi kampus, agar terbentuk para pemimpin yang berkarakter,” tutur Zainul Asyhari (FAI/V) selaku Ketua panitia. “Tujuan dilaksanakannya kongres ini adalah untuk pembelajaran demokrasi bagi mahasiswa sebagai bagian dari pengabdian terhadap masyarakat,” tambahnya.

 

Sejumlah 79 orang peserta hadir dalam Kongres kali ini. Mereka dibagi menjadi 2 kelompok, yakni Peninjau dan Peserta aktif. Adapun mereka adalah delegasi atau perwakilan dari BEM Fakultas, UKM, HMJ, dan IKM Kebidanan se-UNISLA. Disamping itu perwakilan Lembaga Gubernuran juga turut hadir dalam acara tersebut.

Adapun konsep acara Kongres Mahasiswa ke-VIII ini sebagai berikut :

  1. Pra acara, menampilkan Group Sholawat Al-banjari dari UNISLA;
  2. Pembukaan oleh Bapak Rektor Achmad Mudlor,
  3. Pembahasan Tartib;
  4. Pemilihan Pimpinan Sidang oleh Peserta;
  5. Pleno ke-II : LPJ BEM Universitas & DPM Universitas;
  6. Pandangan Umum;
  7. Sidang Komisi yang terdiri dari :

–          Sidang Komisi A : Organisasi,

–          Sidang Komisi B : Program,

–          Sidang Komisi C : Rekonstruksi;

  1. Pleno Konstruksi;
  2. Pembahasan & Pemilihan Ketua KPUM;
  3. Penutup.

 

Meskipun mengalami sedikit kendala diawal kegiatan, namun Kongres Mahasiswa kali ini berjalan dengan sukses. Suksesnya kegiatan ini tak lepas dari banyaknya pihak yang turut berpartisipasi di dalamnya.Terpilihnya Abdul Majid dari Fakultas Ekonomi sebagai KPUM (Ketua Pemilihan Umum Mahasiswa) adalah hasil dari Kongres kali ini. Dan ini artinya, pesta Demokrasi Universitas Islam Lamongan akan segera dimulai.

“Harapan kedepan setelah terpilihnya ketua DPM dan presiden BEM yang baru adalah agar dapat memimpin dan mewakili mahasiswa agar bisa menjadi yang lebih baik dan dapat membawa nama Almamater Unisla kedepan untuk menjadi Kampus yang dicintai ditengah-tengah masyarakat”, tutur Asyhari diakhir pembicaraan dengan tim Greezma. (fdh / gfr).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s