Haru dan Bangga di English Competition

KEBANGAAN

Fakultas keguruan Ilmu Pendidikan ( FKIP ) Unisla, terus mengadakan inovasi dalam mengembangkan sayap keilmuannya. Berbagai kegiatan yang menunjang peningkatan ilmu dan pengetahuan-pun secara continue digalangkan. Oleh para mahasiswa, dosen, maupun dekanatnya, FKIP terus menunjukan gebrakan-gebrakan demi perkembangan fakultasnya. Hal ini dapat dilihat dari berbagai kegiatan yang telah mereka selenggarakan sepanjang tahun 2012 lalu. Diantaranya adalah UNESCO ( kompetisi antar-mahasiswa FKIP ) yang sukses digelar akhir Mei lalu

Yang terbaru adalah kompetisi keilmuan bahasa Inggris  antar SMP Negeri se-kabupaten Lamongan ( English competition / ECO ). Menghadapi  Praktek Pra Lapangan (PPL)  bukanlah  menjadi halangan bagi mahsiswa FKIP untuk berhenti berkreatifitas. PPL lantas  tak membuat mereka hanya terpaku pada satu rutinitas  semata. Bagaikan  menyelam sambil minum air, memanfaatkan waktu liburan para siswa SMP yang mereka ajar, mahasiswa PPL FKIP bersama panitia fakultas berhasil mengadakan English Competition atau first ECO.

English Competition adalah kompetisi yang diadakan oleh mahasiswa FKIP, disamping dalam rangka mengisi waktu libur sekolah setelah UTS, juga sebagai ajang kompetisi mahasiswa PPL dalam menunjukkan keberhasilannya menyampaikan ilmu. Sebanyak 81 orang siswa perwakilan dari total 15  SMP yang berpartisipasi, diajukan untuk mengikuti 3 kategori lomba yang dikompetisikan. Diantaranya adalah lomba Smart Grammar, Story Telling, dan News Reading ( masing-masing 2 perwakilan tiap SMP untuk tiap kategori lomba ).

Oleh sambutan Pembantu Dekan 1 FKIP bapak Hariyanto, kompetisi ini resmi dibuka pukul 09.00 WIB. Mengambil tempat di gedung utama Unisla, seluruh  peserta dibagi kedalam 3 kelas sesuai kategori lomba yang diikuti. Adapun tim penilai dalam kompetisi ini adalah ibu Uzlifatul Masruroh ( PD 3 FKIP ), bapak Harianto ( PD 1 FKIP ),  serta beberapa alumnus FKIP sendiri.

Suasana tegang-pun terlihat jelas ketika  kompetisi dinyatakan dimulai. Di kelas Smart Grammar tepatnya, terlihat jelas dari ekspresi gerak peserta yang memegang kepalanya menunjukkan cara berpikir.  Sementara itu, dengan serius  tim penilai sedang mengamati dari muka kelas. Lain halnya dengan kelas Story telling dan News Reading yang cukup menghibur, dimana para peserta seakan beradu suara dihadapan penilai.

Saat pengumuman  menjadi saat yang mendebarkan bagi peserta dan para pembimbing tentunya. Satu per satu pemenang kategori lomba dibacakan oleh PD 3 FKIP. Ekspresi mereka pun semakin tak karuan ketika diminta maju kedepan kelas.  Adapun para juara tersebut adalah:

Juara kategori Smart Grammar

  1. Millah Khoirul Mu’azah ( SMPN 1 Kembangbahu )

Juara kategori Story Telling

  1. Nina R.F ( SMPN 1 Deket )

Juara kategori News Reading

  1. Winda Dwi Yulianti ( SMPN 1 Deket )

“ Waktu awal tes tadi agak tegang kak, karena pesertanya kelihatan pintar-pintar,” ujar Islanul Rahmania salah seorang peserta kelas 2 asal SMPN 1 Sukodadi kepada tim Greezma.       “ Meskipun kalah, saya tak sedih kak, semoga tahun depan bisa ikut lagi dan bisa menang tentunya,” tambahnya sembari menebar senyum.

Diakhiri oleh penyerahan piala dan sertifikat oleh bapak Chusnu Yuli selaku dekan FKIP, acara tersebut menyiratkan pesan dan kesan tersendiri bagi para pembimbing khususnya.          “ Saya bangga, sekaligus terharu, kepada murid-murid saya ini. Rasanya, apa yang  saya ajarkan telah memberikan sedikitnya manfaat bagi mereka,” ungkap Sibaweih salah seorang pembimbing. “ Saya harap di tahun-tahun kedepan mereka dapat meningkatkan kualitasnya dan bisa  berprestasi lebih dan lebih dari ini,” tambahnya.

M.Nur Hidayatullah selaku ketua panitia mengungkapkan, bahwa keberhasilan acara ini adalah tak terlepas berkat kerjasama dari semua panitia. “ Saya senang acara ini dapat berjalan dengan lancar, meskipun awalnya masalah koordinasi dan waktu persiapan yang singkat sempat menjadi kendala, namun akhirnya kami bisa, ” ujarnya seusai acara. ( FRz )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s